Qualcomm uji coba teknologi 5G di smartphone, sudah di depan mata?

Senin, 23 Oktober 2017 11:52 Reporter : Indra Cahya
Qualcomm uji coba teknologi 5G di smartphone, sudah di depan mata? Modem Qualcomm. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Qualcomm tak cuma dikenal sebagai produsen chip papan atas, namun juga produsen mobile modem terkemuka yang tersemat di smartphone papan atas seperti iPhone ataupun Samsung seri Galaxy S dan Galaxy Note. Tak heran jika Qualcomm punya upaya berlebih soal teknologi 5G.

Saat ini pun, Qualcomm telah mengambil langkah mendekati teknologi tersebut, karena seperti yang dimuat The Verge, Qualcomm berhasil melakukan uji coba 5G pertamanya pada perangkat mobile.

Uji tersebut berhasil digunakan menggunakan modem X50 5G pada frekuensi gelombang 28GHz milimeter.

Qualcomm mengatakan bahwa modem tersebut mencapai kecepatan satu gigabit dalam tes ini. Namun Qualcomm mengklaim bahwa kecepatannya bisa sampai 5GB per detik ketika teknologi sudah maksimal.

Sebagai tambahan, Qualcomm juga mengumumkan referensi desain smartphone 5G pertamanya, yang akan perusahaan tersebut gunakan untuk menguji modem mobile, frekuensi radio, serta jaringan 5G. Smartphone ini akan siap dirilis pada awal 2019, seriring sudah berjalannya teknologi 5G.

Smartphone Qualcomm ©2017 Merdeka.com

Qualcomm sendiri mampu membuat modem X50 bekerja dalam perangkat mobile, karena mereka mengembangkan antena gelombang milimeter dengan bentuk sekecil uang koin. Dalam waktu setahun ke depan, Qualcomm juga akan lebih mengecilkan ukuran ini agar bisa cocok digunakan di banyak smartphone. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
  3. 5G
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini