Qualcomm Rilis Snapdragon 712, Prosesor Dengan Segmen Membingungkan?

Jumat, 8 Februari 2019 11:04 Reporter : Indra Cahya
Qualcomm Rilis Snapdragon 712, Prosesor Dengan Segmen Membingungkan? Snapdragon 712. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahun lalu, Qualcomm merilis sebuah prosesor baru Snapdragon 710 yang mengisi celah antara Snapdragon 6XX yang merupakan prosesor kelas menengah, serta Snapdragon 8XX yang merupakan kelas flagship.

Ketika prosesor ini rilis, kebingungan melanda para pecinta teknologi karena dianggap 'nanggung.' Pasalnya, ini adalah SoC berbasis teknologi 10 nanometer, CPU octa-core yang bertenaga, modem LTE super cepat, serta kapabilitas AI untuk perangkat non-flagship.

Jadi pada dasarnya, smartphone dengan otak Snapdragon 710 akan jadi perangkat kelas menengah premium dengan harga yang hampir menyundul flagship. Tercatat, hanya ada 6 smartphone yang mengusung prosesor ini. Mereka adalah Xiaomi Mi 8 SE, Vivo Nex A, Nokia 8.1, Vivo Z3, Oppo R17 Pro, dan Samsung Galaxy A9 Pro.

Bisa dibilang sebenarnya adopsi Snapdragon 710 ke vendor cukup lambat. Uniknya, Qualcomm justru merilis suksesornya yakni Snapdragon 712. Phone Arena pun menyebut pembaharuan ini dengan sangat minor dengan spesifikasi yang hampir identik. Klaim Qualcomm sendiri adalah adanya peningkatan performa 10 persen ketimbang pendahulunya.

Perbedaan terbesar antara 710 dan 712 adalah delapan CPU Kyro 360 kini diclock di kecepatan maksimum yakni 2,3GHz. Di 710, hanya 2,2GHz. Perubahan ini yang menaikkan performa hingga 10 persen.

Selain itu, terdapat juga pembaharuan fitur fast charging dari Quick Charge 4 ke Quick Charge 4+. Serta dukungan TrueWireless Stereo Plus, serta teknologi Broadcast Audio untuk performa audio terbaik lewat Bluetooth.

Alasan Qualcomm merilis Snapdragon 712 adalah untuk membawa fitur premium ke lebih banyak smartphone. Meski demikian, pada akhirnya fitur-fitur semacam ini akan membuat smartphone terasa lebih mahal namun kelasnya masih belum papan atas. Apakah efektif? Kita lihat saja. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini