PUBG Mobile Jadi Gim Battle Royale Dengan Pemasukan Tertinggi

Rabu, 14 Agustus 2019 08:52 Reporter : Indra Cahya
PUBG Mobile Jadi Gim Battle Royale Dengan Pemasukan Tertinggi PUBG Mobile. ©2018 Money Control

Merdeka.com - Salah satu gim berkonsep battle royale terpopuler yakni PUBG Mobile, kini jadi salah satu gim dengan pemasukan tertinggi. Bahkan jika melawan gim berbasis battle royale lainnya, PUBG adalah yang memiliki pemasukan tertinggi.

Hal ini berdasarkan temuan perusahaan riset pasar Sensor Tower. Disebut bahwa PUBG Mobile merupakan gim bergenre battle royale dengan pendapatan tertinggi saat ini.

Disebutkan pendapatan gim ini melonjak naik, terhitung sejak Februari lalu. Selain itu, salah satu pasar yang berkontribusi sangat besar di dalam pendapatan ini adalah Tiongkok.

Masih menurut temuan Sensor Tower, selama dua belas bulan terakhir pengeluaran pemain PUBG Mobile tercatat mencapai USD 167 juta.

Mengutip Venture Beat via Tekno Liputan6.com, salah satu faktor dominasi PUBG Mobile adalah rilisnya gim ini di Tiongkok sekitar dua bulan lalu. Namun, alih-alih menggunakan nama PUBG Mobile, Tencent Games selaku penerbit gim ini menggunakan nama Game for Peace khusus untuk pasar negara tersebut.

1 dari 2 halaman

Pencapaian Luar Biasa Dari Tiongkok

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebesar 748 persen. Oleh sebab itu, selama tiga bulan berturut-turut gim ini menempati urutan pertama dalam hal pendapatan.

"Tiongkok merupakan pendorong utama pertumbuhan ini, yang telah berkontribusi hampir 30 persen dari total waktu permainan hanya dalam dua bulan," kata co-founder Sensor Tower Alex Malafeev.

Menurut Alex, kalaupun kontribusi Tiongkok tidak dihitung, "Pendapatan permainan ini masih tumbuh hampir 310 persen dibandingkan dengan tahun lalu."

Soal pemasukan, PUBG mendapatkannya dari in-app-purchases. Meski dimainkan gratis, gim ini menyediakan fitur in-app-purchase untuk berbagai keperluan seperti membeli season pass dan item tertentu. Faktor inilah yang jadi pendapatan utama PUBG Mobile.

2 dari 2 halaman

Kalahkan Fortnite

Adapun PUBG Mobile versi Tiongkok, yakni Game of Peace, telah menghasilkan sekitar USD 241 juta selama dua bulan terakhir. Angka ini setara dengan sekitar 28 persen dari perkiraan total pendapatan senilai USD 860 juta di seluruh dunia.

Ini berarti bahwa pendapatan PUBG Mobile melampaui pendapatan Fortnite dan Knives Out. Keduanya masing-masing meraup USD 725 juta dan USD 771 juta.

Namun perlu kitehaui, pendapatan Fortnite bersumber dari iOS saja karena gim ini tidak tersedia bagi pengguna perangkat Android di Google Play. [idc]

Baca juga:
Gim PUBG Akhirnya Diberi Latar Belakang Cerita, Makin Seru!
Ditegur Lantaran Sering Main PUBG Mobile, Remaja 17 Tahun Ini Bunuh Diri
Disamakan Dengan Judi, Main PUBG di Aceh Bisa Dihukum Cambuk
Arab Saudi Gelar Turnamen PUBG Mobile
Tim Indonesia, Bigetron, Juara Kedua PUBG Mobile Club Open 2019 Tahap Final ASEAN

Topik berita Terkait:
  1. PUBG
  2. Game
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini