Pro Kontra Smartphone Dua Layar, Ketika Satu Layar Tak Cukup

Selasa, 22 Januari 2019 15:48 Reporter : Indra Cahya
Pro Kontra Smartphone Dua Layar, Ketika Satu Layar Tak Cukup Nubia X. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu metode para vendor smartphone untuk tak lagi mengeksploitasi desain notch atau poni adalah dengan menambah satu layar lagi di belakang perangkat. Yap, ada kamera yang memiliki dua layar hanya demi tidak ada kamera selfie yang bisa mengganggu lebarnya layar.

Dua smartphone yang menggunakan konsep tersebut adalah Nubia X dan juga Vivo NEX Dual Display.

Ketika solusi lain untuk menghindari layar poni adalah dengan menggunakan lubang layar atau layar sliding, nampaknya dua buah layar ini adalah solusi paling tak terpikirkan, namun juga luar biasa. Ketimbang ada dua kamera di depan dan di belakang, mengapa tidak layar yang ada di depan dan di belakang.

Nah, karea mungkin konsep semacam ini akan makin ramai diterapkan di banyak smartphone, mari kita bahas pro dan kontra dari smartphone dengan dual layar, seperti yang dilansir dari Phone Arena berikut ini.

Kontra

Salah satu kelemahan pertama dari smartphone dual layar tentu soal mudah tercorengnya layar belakang dengan sidik jari. Ketika menggunakan smartphone biasa, tentu Anda hanya akan mengkhawatirkan satu layar saja untuk tidak terkotori. Namun dengan dua layar, ada satu aspek lebih yang harus diperhatikan lebih.

Terlebih lagi, jika nantinya perangkat ini terjatuh, kemungkinan layar akan pecah akan makin tinggi mengingat jumlah layar lebih banyak. Jadi, adanya casing merupakan hal yang wajib. Tentu casing akan lebih mahal karena tidak boleh mengurangi sensitivitas ketika disentuh.

Selain itu soal baterai, di mana kini baterai harus menyuplai daya untuk dua buah layar sehingga makin mudah terkuras dayanya. Hal ini cukup rumit karena ketika dua layar butuh tenaga ekstra, berarti baterai harus lebih tebal, namun keberadaan layar sendiri sudah memakan tempat. Hal ini membuat gadget dua layar akan sedikit gemuk.

Pro

Tentu fungsi utama adanya layar di belakang perangkat adalah untuk selfie yang lebih baik. Tak ada lagi kualitas kamera depan yang lebih buruk dari kamera utama karena yang kita gunakan untuk selfie adalah kamera utama.

Selain soal kamera, ternyata dual layar ini bisa berfungsi sebagai gamepad dadakan. Benar, bagi Anda yang gamer, hal ini tentu menarik.

Nubia X memungkinkan Anda untuk menggunakan layar kedua sebagai gamepad di berbagai game seperti game survival, racing, atau game lainnya. Namun tentu penggunaan baterai akan jadi lebih boros ketimbang pemakaian normal.

Menarik? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Vivo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini