Persaingan Ketat XL Axiata dan Telkomsel Rebutan Spektrum 2,1 Ghz, Siapa Menang?

Rabu, 5 Oktober 2022 21:12 Reporter : Merdeka
Persaingan Ketat XL Axiata dan Telkomsel Rebutan Spektrum 2,1 Ghz, Siapa Menang? Ilustrasi BTS. ©2015 Merdeka.com/fauzan

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan dibukanya seleksi penggunaan pita frekuensi radio di spektrum 2,1 GHz untuk keperluan penggunaan 5G bagi operator seluler pada akhir Agustus lalu.

Saat ini, sudah ada dua operator selular yang berebut frekuensi itu yakni XL Axiata dan Telkomsel. Senin lalu, (3/10), tahapan lelang harga sudah dilakukan. Bahkan, pemenang lelang pun sudah diketahui. Lalu, siapa menang?

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail masih enggan membeberkan pemenang lelang frekuensi 2,1 Ghz. Ia berdalih belum mengetahui hasil dari lelang tersebut.

"Minggu ini panitia laporan ke Pak Menteri, nanti akan diumumkan. Sabarlah," ujar dia usai konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (5/10).

Ismail menyebut paling tidak akan diumumkan pekan depan pemenang lelang frekuensi 2,1 Ghz itu.

"Insya Allah lah minggu depan," tuturnya.

Sebelumnya, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Retno Wulan mengatakan, sejak awal pembukaan lelang frekuensi telah mempersiapkan segala keperluan lelang dengan serius dan mengikuti prosedur yang ada.

"Kami tentu sangat optimis dan berharap karena kami memang serius mengikuti seluruh persyaratan dan mekanisme yang ditetapkan dalam proses lelang ini," kata Wulan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Merdeka.com dari seorang sumber, Telkomsel menjadi pemenang tender spektrum 2,1 Ghz ini. Namun hal ini masih belum terkonfirmasi.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet
  3. 5G
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini