KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pernyataan Jokowi soal "2 minggu selesai" jadi perdebatan hebat

Senin, 16 Juni 2014 13:03 Reporter : Dwi Andi Susanto
Jokowi. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Selain gelaran Piala Dunia 2014 yang dihelat di Brasil, Debat Capres 2014 juga menjadi satu hal yang menarik ditonton. Sampai saat ini, sudah dua kali acara bertajuk Debat Capres 2014 ditayangkan di beberapa televisi di Indonesia.

Dari dua acara bertajuk sama itu, nampaknya Debat Capres 2014 yang pertama adalah yang paling diminati, karena selain perdana, juga banyak hal yang dapat dijadikan acuan bagi masyarakat Indonesia untuk menentukan pilihannya pada tanggal 9 Juli nanti ketika harus masuk ke bilik khusus untuk mencoblos salah satu calon presiden.

Mencoba mundur ke Debat Capres 'edisi pertama' yang dilaksanakan minggu lalu, Joko Widodo sebagai salah satu calon presiden yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, sempat mengatakan bahwa untuk urusan teknologi seputar e-Gov dan lain-lain.

Dalam pernyataannya, Jokowi mengatakan bahwa penerapan e-Gov itu mudah saja dilakukan. "Panggil saja programmer, tidak ada dua minggu bisa dirampungkan."

Memang tidak ada hal yang terlalu menonjol dari pernyataan itu apabila dilihat dari sudut pandang orang awam, namun hal tersebut menjadi suatu yang sangat menarik untuk disimak dan dipikirkan, karena menurut banyak praktisi IT atau juga orang-orang yang berkecimpung dalam dunia teknologi, khususnya pembuatan suatu program, adalah hal yang mustahil.

Tentu saja, memunculkan perdebatan hebat di antara orang awam, praktisi IT, orang-orang yang berkecimpung dalam teknologi, mahasiswa TI sampai dengan para 'pejuang cyber' baik di media online, Facebook atau juga di forum-forum.

Menurut orang-orang yang mengatakan bahwa pernyataan Jokowi itu adalah hal mustahil karena mereka menganggap pembuatan suatu program dalam skala nasional dibutuhkan banyak hal dan juga tentunya membutuhkan waktu yang lebih dari 2 minggu.

Dimulai dari analisis data, pembuatan desain, coding, testing, menjadikannya sebuah prototype, kembali masuk ke coding dan sebagainya sampai dengan selesai. Dan dari setiap tahap tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Oleh karenanya, rata-rata yang mengatakan pernyataan Jokowi tersebut aneh mengutarakan bahwa memang bisa melakukan hal itu, akan tetapi apabila hanya diberikan waktu 2 minggu adalah suatu hal yang mustahil.

"Bisa tidak tidur bila disuruh buat project dengan waktu yang mepet begitu," tulis salah seseorang di suatu laman di Facebook menanggapi ucapan Jokowi.

Namun, pihak 'oposisi' atau yang menganggap bahwa ucapan Jokowi tersebut adalah suatu hal yang tidak mustahil mengatakan bahwa dalam dunia IT semuanya dikerjakan dalam satu tim.

"Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia IT karena semuanya dikerjakan dalam satu tim. 2 minggu itu terlalu lama, karena sudah ada proyek sebelumnya yang dapat dikembangkan lagi tanpa harus membangun infrastruktur mulai dari 0 lagi," tulis salah seorang praktisi IT di sebuah laman di Facebook.

Memang mereka yang setuju akan ucapan Jokowi menjelaskan bahwa akan ada sisi yang harus dikorbankan yaitu fisik. Karena bekerja secara marathon tersebut dibutuhkan fisik yang benar-benar prima, namun bukan menjadi satu hambatan apabila dalam satu tim bekerja dengan satu tujuan dan satu misi. [das]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.