Pernah merasa ponsel bergetar padahal tidak? Ini sebabnya!

Jumat, 5 Juli 2013 06:48 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Pernah merasa ponsel bergetar padahal tidak? Ini sebabnya! Phantom vibration. ©2013 BBC.com

Merdeka.com - Pernahkah Anda merasa bahwa ponsel di saku Anda bergetar, padahal sebenarnya ponsel tidak bergetar atau memunculkan notifikasi apapun? Inilah yang disebut phantom vibration.

Banyak orang yang merasakannya, mungkin termasuk Anda. Sekitar 80 persen dari kita membayangkan ponsel bergetar ketika memang ponsel tersebut sedang bergetar, sedangkan 30 persen hanya merasakan getaran yang sebenarnya tidak ada.

Seperti diberitakan BBC (2/7), psikolog melihat fenomena ini dan menghubungkannya dengan teori deteksi sinyal untuk membimbing pemikiran mereka tentang kesalahan persepsi. Melalui contoh getaran ponsel, kita dapat melihat bagaimana teori ini menjelaskan mengapa hal tersebut umum dialami oleh sebagian orang.

Saat ponsel berada dalam saku, ada 2 kemungkinan, ponsel bergetar atau tidak. Anda juga memiliki 2 pemikiran, menilai ponsel tersebut bergetar, atau menilai ponsel tersebut tidak bergetar. Jika otak Anda mencocokkan keadaan ini secara benar, maka saat Anda merasakan ponsel bergetar, ponsel tersebut memang sedang benar-benar bergetar.

Tetapi, jika otak melakukan kesalahan untuk mencocokkan sinyal, akan muncul kesalahan persepsi, dan inilah yang menyebabkan terjadinya phantom vibration. Hal ini juga serupa dengan saat Anda seolah-olah mendengar nama Anda dipanggil di dalam sebuah ruangan yang bising, padahal sebenarnya tidak ada yang menyebutkan nama Anda.

Seluruh persepsi dibentuk melalui informasi yang diperoleh dan dibiaskan sesuai dengan pengalaman masing-masing individu. Mengalami phantom vibration bukanlah semacam halusinasi. Hal ini bahkan menunjukkan bahwa sistem persepsi kita bekerja semaksimal mungkin di lingkungan yang bising. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini