Peringati konferesi iklim, menara Eiffel berubah jadi hijau

Rabu, 2 Desember 2015 07:04 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Peringati konferesi iklim, menara Eiffel berubah jadi hijau Menara Eiffel berwarna hijau. ©2015 ubergizmo.com

Merdeka.com - Ketika terjadi serangan teroris beberapa waktu lalu di Prancis, lampu menara Eiffel memang sengaja dimatikan untuk menandakan Paris berduka. Selang beberapa minggu setelah itu, tepatnya saat dimulainya konferensi PBB yang membahasa perubahan iklim, menara Eiffel kini berubah menjadi warna hijau.

Perubahan warna menara Eiffel ini merupakan proyek seniman Naziha Mestaoui yang disebut dengan '1 Hati 1 Pohon'. Dimulainya acara ini juga dihadiri oleh sekretaris jenderal PBB, Ban Ki-moon.

Proyek unik ini memungkinkan pengguna untuk menanam pohon melalui website resmi proyek ini atau aplikasi mobile, dengan cara membeli pohon virtual.

Jika Anda membeli pohon virtual ini, pohon yang nyata akan di tanam sebagai bagian dari program reboisasi yang ada di Brazil, Peru, Senegal, Kenya, India, Australia, dan Prancis sendiri. Aplikasi ini memang gratis, tetapi proyek pohon virtual dan penanamannya dibebankan biaya 10,5 dollar atau sekitar Rp 145 ribu.

"Semua orang akan bisa menanam pohon virtual di menara Eiffel, yang akan tumbuh dengan kebesaran hati mereka. Kemudian setiap pohon virtual ini akan benar-benar ditanam untuk program reboisasi," ujar Naziha Mestauoi.

Setelah Anda membayarnya, pohon akan 'tumbuh' di menara Eiffel selama beberapa detik dan pembeli akan diberi tahu melalui pesan, tanggal dan waktu kemunculan pohon tersebut. Anda juga akan dikirim screenshot dari pohon, lengkap dengan nama Anda.

Munculnya pohon-pohon di Eiffel ini juga akan ditayangkan secara langsung pada pukul 06.00 hingga 01.00 waktu Paris di situs terkait.

Sumber: New York Times [lar]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini