Perbankan Indonesia harus berani ambil risiko jadi digital banking

Selasa, 24 Mei 2016 15:15 Reporter : Fauzan Jamaludin
Perbankan Indonesia harus berani ambil risiko jadi digital banking Mobile banking. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkembangan teknologi terus menunjukkan kemajuan. Tak bisa dimungkiri juga, internet dan smartphone menjadikan pola hidup masyarakat menjadi berubah. Hal itu tentu saja berimbas pada semua layanan di sektor industri, salah satunya perbankan.

Dengan pergeseran gaya hidup, mau tidak mau layanan perbankan dituntut mampu mengikuti kebiasaan dari nasabahnya. Nah, melihat dari sisi itu muncul layanan perbankan yang mengarah pada digital banking.

Menurut Sales Director South Asia, Software AG, Jae H. Park, digital banking saat ini memang tengah menjadi tren di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Namun, hadirnya digital banking diharapkan tak hanya dijadikan sebagai tren semata, melainkan sebuah terobosan untuk menjangkau lebih jauh nasabah perbankan. Terlebih di Indonesia, masih banyak masyarakatnya yang belum memiliki rekening di bank.

"Di Indonesia ada sekitar 110 juta orang yang belum memiliki rekening di bank. Sementara, penetrasi internet baru sepertiga yang menjangkau populasi di Indonesia dan itu pun di kota-kota besar," jelasnya saat acara media briefing di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (24/05).

Meski begitu, dikatakannya, sejatinya perbankan di Indonesia telah memiliki semangat untuk melakukan transformasi ke arah digital banking. Namun, dirinya menilai bila bank-bank di Indonesia juga perlu mengambil risiko lebih besar untuk lebih mengakomodir kebutuhan spesifik nasabah dengan memanfaatkan potensi internet yang ada saat ini. Mereka pun mengategorikan perbankan di Indonesia pada level antara basic digital banking dan advanced digital banking.

Saat ini klien dari Software AG sendiri yakni Bank Mandiri dan Bank Danamon. Kedua klien mereka diakuinya telah mengambil langkah-langkah untuk mengintegrasikan sistem digital ke arah real time. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet
  3. Perbankan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini