KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Perang Cyber akan meningkat drastis pada 2013

Rabu, 17 Oktober 2012 22:53 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
ilustrasi perang cyber. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Karspersky menyatakan perang cyber global pada masa datang akan menjadi lebih ganas. Pernyataan ini mereka sampaikan menyusul maraknya penggunaan virus untuk melumpuhkan dan pengintaian melalui dunia maya.

Kaspersky, menurut informasi Antara (14/10), secara lebih rinci menyebut tahun 2013 sebagai saat semakin intensifnya perang cyber global. Hal tersebut didukung kenyataan yang membuktikan serangan maya terhadap perorangan, perusahaan dan pemerintah dalam beberapa tahun belakangan terjadi secara sistematis dan lebih canggih.

Perang di dunia maya bergerak penuh dan kami menduga itu meningkat pada 2013," kata Eugene Kaspersky, pendiri dan kepala pejabat pelaksana Kaspersky. Hal tersebut dia sampaikan dalam sebuah pidato dalam konferensi lima-hari Dunia Telekom ITU (Uni Telekomunikasi Internasional) di Dubai (14/10).

Kaspersky Lab, yang bermarkas di Moskow, Rusia, adalah salah satu produsen utama perangkat lunak anti-virus di dunia. Menurut satu pernyataan perusahaan, Kaspersky mendeteksi 125.000 virus komputer setiap hari di seluruh dunia.

Salah satu contoh serangan cyber terkejam adalah yang menimpa perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia Saudi Aramco, pada Agustus lalu. Serangan terhadap Saudi Aramco, yang sempat melumpuhkan 30.000 komputer pribadi di dalam perusahaan tersebut. Amerika Serikat menuduh Iran berada di balik serangan itu.

Kaspersky menolak untuk menuding negara apa pun yang dapat berada di belakang serangan virus baru-baru ini di Timur Tengah.

Karena Timur Tengah bergerak memasuki pusat perang maya, Kaspersky menyaksikan pertumbuhan luar biasa di wilayah tersebut. Dalam kuartal pertama penjualan program anti-virusnya meningkat 35 persen dari tahun ke tahun.

Guna menghindari kerusakan global, Kaspersky mengatakan semua negara di seluruh dunia harus bekerjasama untuk memerangi perang maya dan terorisme maya. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. Hacker
  2. Virus Komputer
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.