Penyiaran Lewat Media Baru Harus Diatur Setara

Selasa, 30 Juni 2020 16:00 Reporter : Merdeka
Penyiaran Lewat Media Baru Harus Diatur Setara Ilustrasi televisi. iStock

Merdeka.com - Syafril Nasution, Ketua Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) mengatakan pemain Over The Top (OTT) seperti Netflix harus diatur laiknya industri penyiaran lainnya. Hal itu ia ungkapkan saat diskusi ‘Kontroversi Layanan Streaming Online’ yang digelar Alinea Forum.

Menurutnya, penyaluran konten penyiaran kepada masyarakat dalam bentuk apapun harus diatur dan diawasi. Regulasinya pun harus setara dengan industri yang sudah ada.

"Harus equal playing field. Jadi regulasinya harus setara," kata dia.

Dilanjutkan Syafril, kesataraan ini meliputi keseluruhan aturan yang harus dipatuhi oleh industri penyiaran. Seperti halnya penerapan peraturan perpajakan yang setara bagi semua pelaku usaha.

"Baik mau penyiaran yang konvensional maupun penyiaran melalui media baru," jelasnya.

Begitu juga dengan penerapan hukum administrasi yang setara bagi pelaku usaha penyiaran. Mulai dari perizinan, lisensi, dan Biaya Hak Penggunaan (BHP).

"Kemudian memberikan kewenangan pengaturan, pengawasan, dan pengendalian industri penyiaran semua platform kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atau lembaga lain yang kredibel secara teknis dan administratif," terang dia.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya scara terpisah, Pelaksana Tugas Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Anthonius Malau mengatakan, pemerintah akan mengatur mengatur ekosistem digital.

Selain untuk menciptakan kesetaraan (equal playing field), dia melanjutkan, tujuan pengaturan agar layanan OTT dapat berjalan dengan penyedia layanan eksisting tanpa saling mematikan satu dengan lainnya.

"Sehingga bangsa Indonesia mendapatkan memanfaat dari kehadiran OTT, baik itu OTT lokal maupun multinasional. Salah satu tugas dan tanggung jawab pemerintah adalah melindungi industri dalam negeri," jelas dia.

[faz]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. UU Penyiaran
  3. Netflix
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini