Pengamat: Tak Ada Dampak Signifikan Pemutusan Kerja Sama Facebook dengan Huawei

Selasa, 11 Juni 2019 14:11 Reporter : Fauzan Jamaludin
Pengamat: Tak Ada Dampak Signifikan Pemutusan Kerja Sama Facebook dengan Huawei Ilustrasi Facebook. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Facebook dikabarkan telah memutus kerja sama dengan divisi smartphone Huawei. Pemutusan ini tentang aplikasi Facebook ataupun WhatsApp sebagai bawaan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat Huawei.

Menjadi pertanyaan menariknya adalah, seberapa besar dampak yang diterima Huawei manakala Facebook memutuskan kerja sama itu?

Dilaporkan NDTV, Selasa (11/6), Head of Industry Intelligence Group, CyberMedia Research (CMR), Prabhu Ram mengatakan, keputusan tersebut tidak akan telak pukulannya seperti Google menyudahi kerja sama dengan Huawei.

"Sebab Facebook telah mengambil pendekatan yang berbeda terhadap persoalan tersebut. Facebook hanya menyetop aplikasi tersedia secara pra-instal di smartphone Huawei terbaru," ujarnya.

Dilanjutkannya, tindakan yang dilakukan Facebook tidak akan memiliki dampak serius yang mengkhawatirkan bagi Huawei atau konsumennya. Ini karena, konsumen dapat melakukan install aplikasi tersebut secara mandiri.

Pernyataan Ram, disetujui oleh Chief Analyst TechARC, Faisal Kawoosa. Ia mengatakan hal tersebut dampaknya kurang signifikan. Malah dia menyebutkan bahwa apa yang dilakukan Facebook kepada Huawei tidak akan banyak disadari oleh konsumen.

"Dalam kebanyakan kasus, walaupun aplikasi tersebut sudah tersedia secara langsung, mereka masih terhubung dengan Play Store untuk mendapatkan versi terbaru, mengingat ada jarak waktu ketika aplikasi ditanamkan di ponsel dan saat pengguna mulai menggunakannya, ungkapnya. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Facebook
  2. Huawei
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini