Pengamat sebut OTT nasional perlu didukung total operator selular

Jumat, 18 Maret 2016 11:35 Reporter : Fauzan Jamaludin
Pengamat sebut OTT nasional perlu didukung total operator selular Ilustrasi Provider. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi seluruh Indonesia (ATSI), baru saja meresmikan dukungannya terhadap tiga pemain Over The Top (OTT) nasional. Tiga OTT nasional tersebut adalah Catfiz, Sebangsa, dan Qlue.

Rencanannya, tiga OTT nasional itu akan dibantu promosi oleh seluruh operator selular dengan cara blast SMS. Langkah yang dilakukan oleh pemerintah dan ATSI itu, mendapat sorotan pengamat dari Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi.

Menurutnya, melalui langkah mengenalkan melalui sms blast tak masalah, namun bukan berarti berhenti di cara seperti itu. Melainkan juga harus diikuti cara lain untuk mengetahui cara menggunakan dan mengetahui lebih dalam tentang aplikasinya itu.

"Misalnya Qlue. Qlue ini kan sudah dikenal di Jakarta. Tentunya kalau mau menjadi nasional, harus kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) lainnya, sehingga akan makin banyak warga di berbagai daerah menggunakannya," ujarnya kepada Merdeka.com, Jumat (18/3).

Terlepas dari itu, Heru melihat juga dengan kehadiran OTT nasional itu, ATSI memiliki kepentingan juga agar trafik mereka tidak semua keluar negeri dan tentunya lebih bisa mengatur kerja sama dibanding OTT asing yang sudah demikian besarnya sehingga cenderung arogan dan merasa tidak butuh operator.

"Namun yang tetap jadi pertanyaan adalah aplikasi apa yang bisa dan harus segera kita tumbuh kembangkan? Apakah 3 ini cukup atau bagaimana? Kalau saya melihat ada beberapa aplikasi yang urgent disediakan: mesin pencari, aplikasi berbagi video, aplikasi media sosial, aplikasi instan messenger, dan aplikasi games," jelasnya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Telco
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini