Penemu LCD raih penghargaan di European Inventer Award 2013

Jumat, 28 Juni 2013 01:47 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Penemu LCD raih penghargaan di European Inventer Award 2013 Martin Schadt inventor of LCD. ©2013 Epo.org

Merdeka.com - Pria dibalik teknologi yang menghadirkan gambar hidup di TV layar datar Anda ini, mendapatkan sebuah lifetime achievement award di ajang European Inventer Award 2013.

Martin Schadt menciptakan lempengan panel kristal cair atau LCD (Liquid Crystal Display) pada tahun 1970. Membuka gerbang bagi perangkat ramah energi, termasuk layar datar, komputer tablet, dan ponsel, yang kini telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Pada saat bekerja di perusahaan farmasi F. Hoffmann-La Roche di Basel,Schadtmenyadari bahwa tenaga listrik dapat menyebabkan struktur molekul spiral pada kristal cair terlepas. Sebagai hasilnya, kristal tersebut akan menjadi buram.

Ia meletakkan kristal tersebut di antara 2 lempengan plastik yang tersambung pada jaringan listrik. Kemudian, ia mampu memanipulasi transmisi cahaya, bagian terkecil dari grid, atau pixel, untuk menjadikannya muncul secara transparan atau buram. Hingga kemudian terciptalah LCD yang kita kenal dan digunakan sehari-hari.

Kini, Schadt memiliki 110 paten, telah memenangkan banyak sekali penghargaan yang tidak terhitung jumlahnya, serta aktif sebagai penasihat ilmiah untuk pemerintah dan kelompok penelitian industri. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini