Peneliti Temukan Aplikasi Malware Baru di Play Store, Hapus Jika Anda Punya!

Rabu, 9 September 2020 19:31 Reporter : Indra Cahya
Peneliti Temukan Aplikasi Malware Baru di Play Store, Hapus Jika Anda Punya! Ilustrasi Malware. ©2019 hellotech.com

Merdeka.com - Jika Anda pengguna Android yang sering jelajah Play Store untuk cari aplikasi dan gim baru, Anda perlu hati-hati. Hal ini dikarenakan banyak aplikasi malware di toko aplikasi tersebut.

Kami sudah sering mengupas soal deretan aplikasi berbahaya yang sifatnya malware, dan kali ini masih ada lagi beberapa aplikasi lagi yang bahkan masih berkeliaran. Melansir Phone Arena, bahkan aplikasi yang disetujui Google untuk diletakkan di toko aplikasinya pun akhirnya ketahuan malware setelah beberapa waktu yang lama dan sudah merugikan banyak pengguna.

Berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan riset Pradeo besutan Roaxane Suau, terdapat enam buah aplikasi berbahaya yang masih berkeliaran di Play Store. Ditotal, enam buah aplikasi tersebut ternyata telah diinstal 200.000 pengguna.

Aplikasi-aplikasi ini merupakan malware jenis "fleeceware." Ini merujuk pada pemaksaan langganan tanpa persetujuan kepada pengguna sehingga pengguna harus membayar tiap bulannya, bahkan seringkali tanpa sadar. Dalam banyak sekali kasus, langganan ini tetap berjalan meski aplikasi telah diuninstal.

Baca Selanjutnya: Deretan aplikasi tersebut adalah Easy...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Malware
  3. Aplikasi Smartphone
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini