Peneliti Harvard ciptakan robot serangga mini

Rabu, 26 Juni 2013 10:47 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Peneliti Harvard ciptakan robot serangga mini Harvard robot bugs. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Biasanya orang akan merasa takut atau bahkan merasa jijik saat melihat serangga. Namun, bagi para peneliti, serangga dapat memberikan inspirasi bagi mereka.

Dilansir oleh Mashable (24/6), para ilmuwan di Harvard telah menghabiskan waktu selama 5 tahun terakhir untuk mengembangkan robot serangga. Robot ini dapat bergerak dengan ketangkasan dan kecepatan seperti layaknya serangga asli.

Berdasarkan keterangan dari Harvard Microbiotics Lab, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan mikro robot yang dapat terbang di udara dengan performa tinggi. Robot ini diciptakan untuk dapat melakukan beberapa tugas seperti operasi penyelamatan, asisten agrikultur, memantau lingkungan, dan eksplorasi lingkungan berbahaya.

Beberapa peneliti pernah mendesain robot serangga dalam ukuran 37 cm, ukuran ini tentu lebih besar dari serangga sebenarnya. Namun ada juga robot yang berukuran sebesar uang koin, atau sedikit lebih besar dan ditenagai oleh baterai built in.

Nampaknya Harvard sangat bersemangat dalam mengembangkan robot dengan tema serangga. Di awal tahun 2013, peneliti dari universitas ini meluncurkan robot sebesar serangga dengan bentang sayap sepanjang 3 cm yang menyerupai sayap serangga asli. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini