Pemerintah Dorong UMKM Masuk E-commerce

Jumat, 13 Mei 2022 18:17 Reporter : Merdeka
Pemerintah Dorong UMKM Masuk E-commerce e-commerce. © mytotalretail.com

Merdeka.com - Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2020, Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebutkan telah terjadi peningkatan penjualan online sebesar 480 persen dibandingkan data pada Januari di tahun yang sama. Peningkatan ini menandakan bahwa pandemi Covid-19 betul-betul mampu mengakselerasi tumbuhnya pedagang online.

"Adanya pandemi Covid-19 pun telah mendorong masyarakat dan dunia usaha untuk lebih memanfaatkan e-commerce dalam transaksi bisnisnya," kata Semuel, Jumat (13/5).

Apalagi berdasarkan data Digital Commerce Confidence Index (DCCI) Lazada yang dilakukan pada kuartal pertama 2022 memperoleh fakta bahwa 74 persen penjual online memperkirakan setidaknya akan mendapatkan peningkatan keuntungan penjualan sebanyak 10 persen dalam kuartal pertama 2022.

Terlebih, 73 persen konsumen memandang belanja daring menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Surveinya itu dibuat dengan responden yang lebih luas yakni Asia Tenggara.

Melihat potensi itu, Semuel melanjutkan pada 2022 ini, pemerintah akan melanjutkan program dan ditingkatkan dengan memfasilitasi pendampingan terhadap 30 ribu UMKM. Dirjen Semuel menyatakan hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan (scale up) adopsi teknologi digital 4.0 bagi produsen sektor pengolahan di 13 Kawasan Prioritas.

"Ketiga belas Kawasan Prioritas itu terdiri dari Sumatra Utara, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, DI Yogyakarta & Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua, dan Papua Barat," tuturnya.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kominfo
  3. E Commerce
  4. UMKM
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini