Pemasaran Digital Menjadi Tantangan Bagi Brand Busana Plus Size

Senin, 19 Oktober 2020 08:09 Reporter : Merdeka
Pemasaran Digital Menjadi Tantangan Bagi Brand Busana Plus Size Pemasaran Digital Menjadi Tantangan Bagi Brand Busana Plus Size. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menurut data dari Credence Research, potensi pasar untuk industri fashion plus size perempuan mencapai Rp2.400 triliun atau USD 165 miliar pada tahun 2017. Industri ini diprediksi akan terus mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 4,4 persen pada periode 2018-2026.

Maka itu, beberapa brand fashion lokal menawarkan solusi pilihan khusus untuk busana plus size di Indonesia. Tiga diantaranya adalah Bigissimo, Pofeleve, dan Jeny Plus Size.

Dari sisi penjualan, ketiga brand ini memaksimalkan kanal pemasaran melalui online. Menurut prediksi dari Credence Research, penjualan digital busana plus size melalui website, situs belanja online, ataupun media sosial akan mengalami pertumbuhan tertinggi dalam periode 2018-2026.

Hal ini disebabkan karena penjual tidak membutuhkan ruangan besar untuk inventaris serta display toko, dan penjualan digital dapat mengurangi jumlah pembeli yang selama ini merasa sungkan ketika terlihat berbelanja di toko offline busana plus size.

Meski begitu, satu hal yang menjadi tantangan terbesar bagi brand busana plus size di Indonesia adalah pemasaran. Bagi Jeny Chandra, Owner Jeny Plus Size, melakukan pemasaran melalui media sosial membutuhkan alokasi waktu yang besar dan pengembangan idenya pun tidak mudah.

"Ini disebabkan pasar yang lebih niche, namun juga perlu mengikuti tren," kata dia.

Salah satu strategi yang ia tekuni adalah berfokus pada satu platform, yaitu Tiktok, untuk mengikuti tren sosial yang sedang berlangsung di Indonesia. Sementara itu, Bigissimo mengaku masih mengandalkan teknik pemasaran Word of Mouth (WOM) dan masih dalam usaha mengoptimalkan strategi iklan digital.

Baca Selanjutnya: Sebagai mitra dari para brand...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fashion
  3. Internet
  4. Trik Marketing
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini