PANDI dan INAICTA dukung gerakan KlikIndonesia

Selasa, 25 Desember 2012 11:49 Reporter : Dwi Andi Susanto
klikIndonesia © 2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Nampaknya gerakan cinta konten lokal ini membuahkan hasil. Setelah mendapat dukungan dari banyak pihak, PANDI dan INAICTA juga memberikan dukungannya terhadap KlikIndonesia.

Dalam press release yang diterima merdeka.com (24/12), Ketua Umum Perkumpulan Nama Domian (PANDI) Andi Budimansyah dan Kominfo Sellyana Ishak dari Panitia Pelaksana Indonesia ICT Award (INAICTA) mendukung gerakan ini.

Apabila PANDI mengajak KlikIndonesia bekerjasama untuk lebih mengembangkan gerakan ini, INAICTA lebih menawarkan kerja sama pelaksanaan award untuk tahun 2013 mendatang.

"Saya melihat program-program KlikIndonesia bagus sekali. Cocok sekali untuk memberikan semangat nasionalisme dengan cara membuat konten-konten khas Indonesia, kami PANDI mendukung sekali gerakan itu," kata Andi Budimansyah pada pengurus KlikIndonesia akhir pekan lalu.

Dikarenakan PANDI adalah lembaga khusus yang mengurusi domain berakhiran '.id', maka dengan adanya gerakan ini, mereka berharap penggunaan domain Indonesia tersebut akan lebih meningkat lagi.

Awalnya, Andi kurang memberikan simpatinya kepada KlikIndonesia karena menggunakan domain .org, namun akhirnya mereka menyadari bahwa penggunaan .org tersebut untuk menyerdehanakan dan memudahkan publik ketimbang menggunakan .or.id.

Sementara pelaksana Indonesia ICT Award (INAICTA) Kominfo Sellyana Ishak pekan lalu juga melakukan pertemuan dengan para penggiat dan pengurus KlikIndonesia di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, INAICTA merasa mendapatkan partner yang sejalan untuk menggerakkan konten-konten Indonesia.

Apabila PANDI fokus ke sisi domain .id dan KlikIndonesia ke arah pengembangan lebih luasnya, INAICTA memiliki cakupan lebih luas lagi yakni termasuk aplikasi dan solusi yang mungkin berjalan di intranet atau di internal komputer/PC perusahaan. namun, kedua sama-sama menekankan karya anak bangsa.

Sedikitnya 10 dukungan melalui email juga datang untuk KlikIndonesia dari berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri. Dari Projecting Indonesia di Australia akan membantu KlikIndonesia untuk menyarakan keluar negeri. "Kami, Projecting Indonesia, senang dan turut bangga dengan berdirinya inisiatif ini.

"Berikut tulisan mengenai KlikIndonesia agar masyarakat internasional juga mengetahui perkembangan positif ini," kata Yasmi Adriansyah, dari Projecting Indonesia. (http://projectingindonesia.com/companies/klikindonesia-a-fighter-for-local-contents-optimisation/).

Mulai dideklarasikan pada tanggal 12 Desember lalu, sampai saat ini, telah ada 1200 situs Indonesia yang mendaftar di KlikIndonesia. Bahkan menurut situs analisa Alexa.com, peringkat KlikIndonesia sebelumnya berada di angka 1000 kini sudah melejit ke urutan 894. Trend KlikIndonesia berdasarkan Google Analytic juga terus meningkat. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. INAICTA
  3. PANDI
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.