PANDI Akan Daftarkan Aksara Jawa dan Sunda Bersamaan ke BSN untuk Standardisasi

Rabu, 9 Juni 2021 17:27 Reporter : Syakur Usman
PANDI Akan Daftarkan Aksara Jawa dan Sunda Bersamaan ke BSN untuk Standardisasi jumpa pers PANDI 2021 tentang kinerja nama domain .ID. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bogor dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia berhasil menggelar Simposium Digitalisasi Aksara Sunda pada awal pekan ini. Salah satu agendanya adalah Forum Diskusi Terpumpun (FGD) yang membahas standardisasi fon, papan ketik, dan transliterasi.

Hasil rumusan FGD akan diajukan kepada Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Mohamad Shidiq Purnama, Chief Registry Officer PANDI, menjelaskan setelah peserta FGD berdikusi selama dua hari sejak kemarin (7/6), sekarang sudah didapatkan standar fon, papan ketik, dan transliterasi yang disepakati bersama.

"Setelah melalui diskusi panjang selama simposium berlangsung, akhirnya kami bersama pegiat aksara Sunda, akademisi dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dapat menyepakati standar papan ketik, fon, dan transliterasi aksara Sunda. Ini akan kami ajukan kepada BSN dalam waktu dekat,” kata Shidiq dalam keterangan resmi, Rabub (9/6).

Shidiq mengatakan bahwa besar kemungkinan pengajuan standardisasi aksara Sunda dan Jawa kepada BSN akan dilakukan secara bersamaan.

"Standar aksara Jawa telah kami rampungkan pada Kongres Aksara Jawa di Yogyakarta beberapa bulan lalu. Hari ini kami juga sudah mendapatkan hasil standardisasi aksara Sunda melalui kegiatan simposium. Oleh karena itu, kami optimistis bisa mendaftarkan standardisasi aksara Jawa dan Sunda ke BSN secara bersamaan," ucapnya.

Baca Selanjutnya: Tahapan Pendaftaran di BSN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini