Opera sebut kehadiran fitur baru diklaim hemat daya

Sabtu, 14 Mei 2016 09:34 Reporter : Fauzan Jamaludin
Opera sebut kehadiran fitur baru diklaim hemat daya Opera Browser. © Emeastartups.com

Merdeka.com - Opera baru saja meluncurkan fitur mode hemat daya untuk perangkat komputer. Diklaimnya, fitur hemat ini mampu memperpanjang usia baterai laptop hingga 50 persen jika dibandingkan dengan versi-versi terdahulu dari browser Opera untuk komputer maupun Google Chrome.

"Tentunya sangat menyebalkan ketika Anda kehabisan baterai baik ketika Anda sedang bepergian, menonton video, atau bahkan ketika Anda ketinggalan charger. Mode hemat daya baru kami akan memberitahu Anda ketika laptop mulai mengkonsumsi baterai dan ketika mode ini diaktifkan, Anda dapat meningkatkan usia pemakaian baterai Anda sebanyak 50 persen, " kata Krystian Kolondra, SVP of Engineering untuk Opera, dalam keterangannya, Sabtu (14/05).

Menurutnya, penghematan baterai pada Opera untuk komputer dapat terjadi berkat optimasi yang kami lakukan, seperti mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback. Versi pengembang dari Opera 39 ini membawa perbaikan kinerja lebih banyak lagi yang akan memperpanjang usia baterai laptop pengguna. Beberapa bagian dari kode telah disederhanakan, sementara tema animasi telah dioptimalkan. Dalam versi ini, Opera juga menguji cara cerdas mengelola memori, yang menjamin bahwa tab yang terus menerus dibuka seperti Gmail dan Facebook akan jauh lebih responsif.

"Ad blocker bawaan yang baru-baru ini dirilis juga dapat mengurangi konsumsi memori hingga 47 persen dan juga memberikan kontribusi untuk usia baterai yang lebih tahan lama. Dengan menggunakan ad blocker bersama dengan modus hemat daya berarti pengguna akan mendapatkan penghematan daya yang lebih baik dan juga peningkatan kinerja," terangnya.

Mereka pun sempat menguji kebenarannya itu. Dalam pengujian yang dilakukan dan dirancang untuk mencerminkan cara orang menggunakan browser di kehidupan nyata, versi pengembang Opera terbaru mampu berjalan 3 jam lebih lama dari browser seperti Google Chrome di laptop yang menjalankan Windows 10, 64-bit. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Browser
  2. Opera
  3. Teknologi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini