OnePlus 7 dan 7 Pro Resmi Rilis, Smartphone dengan Layar dan Performa Luar Biasa

Rabu, 15 Mei 2019 13:32 Reporter : Indra Cahya
OnePlus 7 dan 7 Pro Resmi Rilis, Smartphone dengan Layar dan Performa Luar Biasa OnePlus 7 Pro. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Pabrikan smartphone asal China OnePlus akhirnya kembali merilis smartphone flagshipnya untuk tahun ini. Kali ini, mereka merilis dua smartphone sekaligus.

Ialah OnePlus 7 dan juga OnePlus 7 Pro. Keunggulan dari flagship OnePlus tentu adalah performa yang mumpuni dipadu dengan software Android yang bersih tanpa bloatware.

OnePlus 7 sendiri merupakan salah satu yang termurah di jajaran flagship lainnya, dengan tentu ditunjang dengan deretan keunggulan. Sementara OnePlus 7 Pro adalah versi sedikit lebih mahal yang mengusung kelebihan lain di sisi layar dan juga performa.

Mari kita bahas satu persatu kedua smartphone ini, seperti yang merdeka.com himpun dari Phone Arena.

1 dari 2 halaman

OnePlus 7

OnePlus 7 memiliki kesamaan secara fisik dengan flagship tahun lalu yakni OnePlus 6T. Smartphone ini memiliki layar dengan bentang 6.41 inci dengan panel AMOLED dan resolusi 1080p. Tak lupa sebuah notch atau poni berjenis waterdrop yang ada di bagian atas layar.

Pemindai sidik jari dalam layar juga masih ada, namun bedanya, kali ini jauh lebih cepat. Bahkan baterai kapasitas 3.700mAh dengan fast-charging pun sama dengan onePlus 6T yang rilis tahun lalu.

Terdapat dual kamera di bagian di belakang, yang kini mendapatkan update kekinian dengan sensor 48MP IMX586 dari Sony, dengan lensa berbukaan f1.7 dan stabilisasi optikal. Kamera ini dipadu dengan kamera sekunder 5MP, dan juga 16MP kamera depan.

Salah satu aspek yang juga makin baik adalah sektor dapur pacu, yang kini mengusung Snapdragon 855 dipadu RAM 6GB. Storagenya pun 128GB. Terdapat juga opsi 8GB/256GB untuk performa lebih baik dan penyimpanan yang lega. Snapdragon 855 adalah prosesor terbaru dan paling bertenaga saat ini.

Sektor dapur pacu ini didukung pula dengan fitur RAM Boost yang membuat manajemen memori jadi lebih baik dengan cara membuat aplikasi yang sering dipakai jadi pre-loaded di RAM.

Beberapa fitur minor yang layak diunggulkan adalah stereo speaker yang disetel kejernihannya oleh Dolby Atmos, serta adanya vibration feedback yang membuat pengalaman menggunakan smartphone ini jadi lebih menarik.

Selain itu semua, yang terbaru dari OxygenOS 9.5, UI asli OnePlus yang berbasis Android Pie, adalah fitur Zen Mode. Ini adalah fitur semacam 'challenge' untuk meletakkan ponsel Anda untuk stop bermain smartphone dan dunia maya, dan mulai berinteraksi dengan dunia nyata. Mengaktifkan Zen Mode akan membatasi fungsi smartphone hanya untuk mengangkat telepon atau menggunakan kamera selama 20 menit.

Harga? OnePlus 7 dibanderol dengan harga 449 Poundsterling, atau setara dengan 8,4 juta Rupiah.

2 dari 2 halaman

OnePlus 7 Pro

Secara umum, terdapat banyak perbedaan signifikan antara OnePlus 7 Reguler dengan versi Pro ini. Pertama-tama, soal layar yang diberi nama fluid AMOLED edge-to-edge screen, tanpa notch, refresh rate 90Hz, serta resolusi Quad HD yang tajam dan dukungan HDR10+.

Terdapat juga pop-up selfie kamera yang membuat smartphone ini bisa mendapatkan layar secara penuh tanpa adanya notch di bagian atas layar.


Layar Revolusioner

Kali ini, OnePlus 7 Pro memiliki keunggulan di refresh rate yakni 90Hz. Sederhananya, layar ini merefresh sebanyak 90 kali per detik di mana layar biasa merefresh sebanyak 60 kali tiap detiknya. Hal ini membuat pengalaman menatap layar OnePlus 7 Pro jadi lebih lembut dan mulus.

Hal ini akan makin terasa jika Anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game.

OnePlus menyebutnya sebagai layar fluid AMOLED, dan memiliki resolusi layar 3120x1440 yang tajam.

Tak cuma itu, terdapat dukungan HDR10+ untuk warna yang lebih keluar. Ini adalah fitur yang cocok untuk Anda yang sering menonton film dari layanan streaming dari HP.

 

Kamera yang Akhirnya Baik

OnePlus sedari dulu adalah smartphone kualitas flagship dari sisi performa. Namun soal kamera, pabrikan asal China ini selalu dianggap kurang. Nah, kali ini OnePlus ingin memperbaikinya. Di OnePlus 7 Pro, tersemat tiga buah kamera belakang dan satu kamera depan berbasis pop-up.

Berikut tiga kamera tersebut:

  • Kamera utama 48MP f1.6 dengan stabilisasi optikal
  • Kamera telephoto 3x Zoom 8MP dengan stabilisasi optikal
  • Kamera ultra wide angle 16MP


Kamera utamanya kini mengusung sensor setengah inci dengan 48MP yang menggunakan konsep pixel binning yang telah kita temui di smartphone seperti Redmi Note 7.

Fitur utama kamera ini adalah UltraShot yang menggunakan smart HDR untuk mengontrol cahaya yang menghasilkan gambar yang lebih seimbang pencahayaannya. Selain itu ada NightScape 2.0 yang memberi sentuhan di jepretan malam hari agar lebih terang dan minim noise.

Untuk banderol, berikut Harga OnePlus 7 Pro

  • Harga OnePlus 7 Pro 6GB RAM/128GB storage: USD 670 atau setara dengan RP 9,7 Juta
  • Harga OnePlus 7 Pro 8GB/256GB storage: USD 700 atau setara dengan Rp 10,1 Juta
  • Harga OnePlus 7 Pro 2GB/256GB storage: USD 750 atau setara dengan Rp 11 Juta
[idc]

Topik berita Terkait:
  1. OnePlus
  2. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini