Ngaku dewa hacker, remaja 17 tahun retas 50 ribu komputer

Kamis, 9 Juli 2015 18:10 Reporter : Bramy Biantoro
Ngaku dewa hacker, remaja 17 tahun retas 50 ribu komputer Ilustrasi Hacker. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Remaja biasanya menghabiskan hari belajar dan mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang bermanfaat. Namun tidak bagi Julius "Zeekill" Kivimaki, remaja 17 tahun itu justru mengisi hari-harinya melakukan aksi hacking ilegal.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (08/07), Julius yang menyebut dirinya dewa hacker itu telah masuk meja hijau akibat kasus peretasan sekitar 50.700 perangkat komputer.

Remaja yang diklaim berkaitan dengan grup hacker terkenal 'Lizard Squad' itu oleh hakim pengadilan kota Espoo, Finlandia, sejatinya diganjar hukuman dua tahun penjara. Namun karena masih di bawah umur, Julius hanya menjalani hukuman percobaan dan diharuskan membayar biaya ganti rugi hingga hampir Rp 100 juta. Selain itu, aktivitas online-nya akan terus di awasi oleh polisi.

Julius didakwa bersalah dalam kasus eksploitasi software Adobe untuk meretas 50 ribu lebih server komputer. Dalam aksinya itu, Julius berhasil mendapatkan info kartu kredit dari puluhan orang sampai 7GB email rahasia dari Universitas MIT!

Bahkan, remaja yang diketahui mulai menjalankan aksi hacking ilegal dari umur 15 tahun tersebut sering melakukan aksi jahil pada salah satu pasukan elit Amerika, SWAT. Julius kerap mengirimkan panggilan 'SOS' palsu pada tim SWAT. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Hacker
  2. Internet
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini