NASA sediakan Rp 400 juta bagi yang bisa berburu asteroid

Selasa, 11 Maret 2014 13:27 Reporter : Alvin Nouval
NASA sediakan Rp 400 juta bagi yang bisa berburu asteroid Asteroid. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - NASA menawarkan hadiah USD 35 ribu atau setara Rp 400 juta bagi peneliti yang mau membantu mendeteksi lokasi asteroid. Nantinya, mereka akan jadi bagian dari tim pemburu asteroid yang diprakarsai oleh NASA.

Seperti yang dilansir Time (11/3), uang itu bisa didapatkan siapa saja dengan mengikuti kontes Asteroid Data Hunter yang akan diluncurkan NASA mulai Juni mendatang. Kontes ini mencari bakat siapa saja yang mampu mendeteksi asteroid yang mampu mengancam keselamatan bumi.

Para peserta nantinya akan berkompetisi dalam membuat sebuah algoritma baru yang bisa meningkatkan kemampuan menangkap gambar dari teleskop berbasis daratan pemburu asteroid. Algoritma yang terbaik akan dipakai untuk misi berburu asteroid itu.

Kontes ini akan dijelaskan dengan gamblang pada gelaran SXSW di Austin, Texas. Peserta bisa mulai mendaftar 17 Maret ini langsung di lokasi acara ataupun secara online di http://www.topcoder.com/asteroids/asteroiddatahunter/.

NASA memang sudah sejak lama berupaya untuk memburu asteroid. Selain untuk menyelamatkan bumi, juga sebagai bagian untuk mengambil beberapa mineral yang dianggap mahal dan jarang ditemukan di bumi. [nvl]

Baca juga:
NASA akan kirim seekor 'Naga Merah' ke Mars
Bumi selamat dari 2 'serangan' asteroid sekaligus
Asteroid seberat 200 ribu ton, tiba-tiba hancur tanpa sebab
Ada asteroid sebesar 3 kali ukuran bus akan melintasi bumi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Astronomi
  3. NASA
  4. Asteroid
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini