NASA gandeng pelajar untuk pembuatan pesawat Planet Mars

Minggu, 4 Oktober 2015 10:05 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
NASA gandeng pelajar untuk pembuatan pesawat Planet Mars Pembuatan pesawat ke planet Mars. ©2015 engadget.com

Merdeka.com - Planet Mars memang menjadi salah satu penelitian para ilmuwan selama ini, termasuk The National Aeronautics and Space Administration (NASA). Setelah kemarin banyak diperbincangkan mengenai penemuan air di Planet Mars, sekarang NASA sedang bekerja keras merancang pesawat untuk mendarat di Mars.

Beberapa minggu yang lalu, mereka sedang menguji bentuk sayap baru yang akan digunakan untuk Red Planet-bound planes. Tidak hanya ilmuwan dalam saja, NASA juga mengajak beberapa pelajar untuk membantunya mengadakan penelitian desain Aerodinamika atau Prandtl-m aircraft.

Para pelajar tersebut membangun sebuah pesawat berbentuk bumerang yang terbuat dari serat karbon, kemudian diuji dengan ketinggian yang lebih besar di luar ruangan. Namun sayangnya, percobaan ini belum seperti yang diharapkan karena kompleksitas sistem peluncuran.

pembuatan pesawat ke planet mars

Salah satu caranya adalah dengan membuat pesawat radio kontrol yang bisa dilakukan untuk penelitian dengan ketinggian yang bisa disesuaikan. Mahasiswa dan NASA Flight Scholars juga membuat modifikasi bentuk sayap dengan bahan-bahan baru menggunakan ilmu aerodinamis agar stabilitas pesawat tetap terjaga.

Banyaknya percobaan dan kesalahan memang bagian dari setiap program ini. Namun jika suatu saat berhasil, kita bisa mendapatkan informasi berharga mengenai lokasi pendaratan di Planet Mars untuk dieksplorasi lebih jauh. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Planet Mars
  3. Teknologi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini