Motorola miliki fasilitas perakitan resmi di Indonesia

Jumat, 9 Juni 2017 14:23 Reporter : Syakur Usman
Motorola miliki fasilitas perakitan resmi di Indonesia Lenovo-Motorola. © Technobuffalo.com

Merdeka.com - PT Tridharma Kencana (TDK), pabrikan perakit smartphone Lenovo, kembali meresmikan fasilitas perakitan smartphone anyarnya, kali ini untuk merek Motorola.

Pabrikan Motorola ini memiliki kapasitas produksi 400 ribu unit per bulan. Ini menunjukkan keseriusan dan komitmen TDK mendukung industri dalam negeri, khususnya kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Dalam rilisnya pada merdeka.com, Jumat (9/6), saat ini pabrik Motorola mampu memproduksi hingga 250 ribu unit per bulan. TDK mulai beroperasi pada 1994 dengan memiliki pabrik di Serang, Banten.

Peresmian fasilitas perakitan Motorola di Indonesia ©2017 Merdeka.com

Hendryk L Karosekali, CEO TDK, menjelaskan pihaknya memiliki kemampuan produksi perangkat 15 ribu unit per hari. Kami sudah menunjukkan komitmen bahwa kami bisa membuat perangkat rekekomuniasi di dalam negeri kepada pemilik merek telepon pintar.

"Tidak hanya telepon pintar 4G kelas menengah ke bawah yang bisa diproduksi, tapi juga mencakup kelas premium. Perakitan produk premium Motorola ini diresmikan oleh Kementerian Perindustrian. Kami sudah mampu merakit ponsel kelas atas bahkan premium, seperti seri Motorola Moto Z dan Moto Z Play," ujar Hendryk.

Dia berharap setelah ini, pihaknya membutuhkan sinergi dari industri hulu dan hilir di sektor telekomunikasi. Serta regulasi yang tegas agar aktivitas pembuatan ponsel di negeri ini bisa berjalan lancar, sesuai dengan koridornya.

Kata dia, TDK merupakan salah satu perusahaan electronics manufacturing services (EMS) dan turut membidani lahirnya Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI). Ini forum bagi perusahaan manufaktur yang berjuang untuk menghemat devisa negara dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia di sektor telekomunikasi dan informatika.

Saat ini jumlah anggota AIPTI tercatat 13 perusahaan dari 4 perusahaan saat awal pendirian, ujar Hendryk yang berlaku sebagai Sekretaris Jenderal AIPTI.

Adrie R Suhadi, Country Lead Mobile Lenovo Business Group Lenoovo Indonesia, menambahakan peluang EMS memproduksi ponsel sangat terbuka. Hal ini bergantung pada kesiapan industri dan pendukung lainnya.

Adrie mengaku puas atas kinerja TDK dalam pengemas ponsel Lenovo dan Motorola. "Hingga kini TDK mampu menjadi pabrikan yang berkualitas sangat baik terutama dalam merakit ponsel Lenovo dan Motorola," katanya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Motorola
  3. Lenovo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini