Modal nomor telepon, hacker mampu sadap semua smartphone di Bumi!

Selasa, 19 April 2016 16:17 Reporter : Bramy Biantoro
Modal nomor telepon, hacker mampu sadap semua smartphone di Bumi! Ilustrasi penyadapan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pakar keamanan asal Jerman yang tergabung dalam Security Research Labs (SRL) baru saja menunjukkan pada dunia bila hacker dapat memata-matai setiap manusia di Bumi yang memiliki nomor telepon. Bagaimana caranya?

Dalam sebuah acara di CBS, tim tersebut memperlihatkan bagaimana mereka memanfaatkan sebuah kerentanan yang ada di jaringan selular dunia, yakni Signalling System Seven (SS7). Ya, dengan mengeksploitasi SS7, mereka dapat meretas semua jenis smartphone.

Sebagai demonstrasi, Karsten Nohl selaku salah satu pakar keamanan internet SRL mencoba memata-matai iPhone anggota DPR California, AS, bernama Ted Lieu. Benar saja, hanya modal nomor telepon Ted Lieu, Nohl dapat membobol iPhone anggota DPR itu.

Hasilnya, Nohl dapat menyadap dan merekam percakapan, melihat isis kontak Lieu, membaca SMS, bahkan melacak pergerakan Lieu. Bahkan Nohl dapat mengetahui setiap nomor telepon yang melakukan panggilan ke nomor Lieu.

Ingat, karena hanya nomor telepon yang dibutuhkan, Nohl atau hacker lain dapat mengeksploitasi nomor baru yang mereka dapatkan. Ngeri bukan?

"Hal apapun yang dilakukan Lieu, mulai dari memilih ponsel yang aman, memasang password, atau menginstal aplikasi keamanan tidak ada pengaruhnya bagi kami. Karena kami menyerang jaringan selular," ujar Nohl.

[bbo] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hacker
  3. Aksi Hacker
  4. Peretas
  5. Smartphone
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini