KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Mobil ini dapat berjalan sejauh 3 mil tanpa bensin

Jumat, 22 Maret 2013 02:27 Reporter : Dwi Andi Susanto
Peter Dearman © Abcnews.com

Merdeka.com - Mobil tenaga surya? Basi. Mobil tenaga air? Mungkin sudah ada. Bagaimana dengan mobil tenaga gas?

Seorang inventor dari Hertfordshire, Inggris bernama Peter Dearman (61) berhasil kembangkan energi ramah lingkungan yang dapat menggerakkan mobil sejauh 3 mil dengan kecepatan sekitar 48,2 km/jam.

Energi yang dimaksud adalah gas cair atau disebut dalam bahasa Inggris yaitu liquid air. Liquid air ini berisi senyawa atau gas nitrogen beku yang diubah menjadi energi.

NY Daily News (17/03) melansir bahwa Dearman sudah mengujicobanya ke mobil Vauxhall Nova miliknya. Hasilnya sungguh luar biasa.

"Bahan bakar dari fosil semakin lama semakin habis. Kita harus memikirkan cara lain agar energi yang dibutuhkan tetap akan ada. Dengan liquid air ini, semoga akan menjadi solusi yang tepat," jelasnya.

Dearman juga mengatakan bahwa dengan menggunakan liquid air ini, tidak ada gas emisi buang yang tercipta sehingga udara sekitar tetap bersih.

"Dengan menggunakan nitrogen cair ini, tidak ada pembakaran apapun sehingga emisi gas buang juga tidak tercipta dan udara sekitar tetap bersih," lanjutnya.

Selain ramah lingkungan, penggunaan nitrogen cair ini sangat murah dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

Menurut tulisan di Wikipedia, sebenarnya teknologi penggunaan nitrogen cair atau liquid air ini sudah mulai dikembangkan mulai tahun 1899 dan 1902, namun baru kali ini, Dearman mencoba mengaplikasikannya ke sebuah kendaraan.

Dearman menjelaskan bahwa prototypenya ini masih jauh dari sempurna, oleh karenanya dia berharap suatu saat ada pihak yang mampu menyempurnakannya agar ketergantungan akan energi dari fosil dapat terpangkas. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian Ilmiah
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.