Microsoft umumkan Windows RT Surface dan Windows 8 Surface

Selasa, 19 Juni 2012 10:05 Reporter : Dwi Andi Susanto
Microsoft umumkan Windows RT Surface dan Windows 8 Surface Microsoft Surface tablet (© Microsoft.com)

Merdeka.com - Akhirnya terbukti. Beberapa hari lalu banyak media online atau media cetak dan elektronik lain yang menginformasikan bahwa Microsoft sedang menyiapkan satu rencana besar yang akan segera dirilis dan dipublikasikan ke publik.

Rumor Microsoft yang ingin menciptakan satu perangkat tablet dengan penambahan operating system Windows RT dan Windows 8 di dalamnya akhirnya terkuak dengan press release yang diadakan di Los Angeles hari ini (19/06).

Dalam press release tersebut, Microsoft menyebut produk barunya dengan nama Surface. Menurut Time.com, terdapat dua tablet yang diperkenalkan dalam sesi publikasi tersebut. Microsoft menjelaskan bahwa tabletnya yang menggunakan operating system Windows 8 akan memakai prosesor Intel Core i5 (Ivy Bridge) sedangkan yang menggunakan operating system Windows RT, di dalamnya telah terdapat chip Nvidia Tegra 3 (based ARM).

Microsoft CEO Steve Balmer mengatakan, "Microsoft ingin memberikan sesuatu yang baru terhadap pengguna serta pencinta produk kita dengan sesuatu yang baru, berbeda, dan merupakan generasi baru dari jajaran produk yang pernah diproduksi Microsoft."

Menurut penuturan Balmer yang dikutip oleh Cbsnews.com, layar pada dua produk baru tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Gorilla Glass. Tidak hanya itu saja, keduanya juga akan dirilis dengan paket VaporMg Case & Stand, Smart Cover Keyboard dan Stylus.

Engadget.com menuliskan bahwa tablet Surface dari Microsoft yang menggunakan operating system Windows RT dilengkapi dengan layar sebesar 10,6 inci ClearType HD. Terdapat pula fasilitas lain seperti microSD, USB 2.0, Micro HD Video, 2x2 MIMO antenna, dan Microsoft Office Home & Student 2013 RT.

Tablet ini mempunyai berat 676 gram dengan ketebalan 9,3 milimeter. Baterai yang digunakannya mempunyai daya sebesar 31,5 watt. Surface Windows RT akan hadir dalam dua varian penyimpanan internal yaitu sebesar 32GB dan 64GB. Rencananya, Microsoft akan meluncurkan tablet ini di akhir musim gugur mendatang, namun Microsoft belum merilis harga untuk Windows RT Surface ini.

Sedangkan Windows 8 Surface mempunyai spesifikasi berbeda dengan Windows RT Surface. Tablet ini mempunyai berat 903 gram dengan ketebalan 12,5 milimeter. Layar yang digunakannya sebesar 10,6 inci ClearType Full HD (1080p). Terdapat pula microSDXC, USB 3.0, Mini DisplayPort, dan 2x2 MIMO antenna.

Seperti halnya Windows RT Surface, tablet ini juga dirilis dengan dua versi yaitu 64GB dan 128GB. Microsoft mengatakan akan meluncurkan Windows 8 Surface ini paling lambat 3 bulan setelah press release digulirkan dan masih juga belum terdapat konfirmasi seputar harga untuk Windows 8 Surface ini. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Windows
  2. Microsoft
  3. Windows 8
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini