Microsoft Alihkan Pemakaian Internet Explorer ke Microsoft Edge

Selasa, 10 November 2020 08:07 Reporter : Indra Cahya
Microsoft Alihkan Pemakaian Internet Explorer ke Microsoft Edge Microsoft Edge. ©2020 Microsoft

Merdeka.com - Raksasa teknologi Microsoft segera menempuh jalan nyata untuk pelan-pelan mematikan browser legendaris besutannya yakni Internet Explorer.

Hal ini dilakukan dengan cara alih-alih memakai Internet Explorer, Microsoft "memaksa" pengguna untuk menggunakan browser Microsoft Edge.

Mengutip Bleeping Computer via Tekno Liputan6.com, selama bertahun-tahun Microsoft memang mulai merekomendasikan pengguna untuk beralih dari Internet Explorer. Padahal, Internet Explorer masih memiliki pangsa pasar 5 persen di kalangan pengguna browser.

Microsoft akan segera melakukan langkah aktif untuk "memaksa" pengguna berhenti memakai Internet Explorer. Langkah ini akan dimulai pada versi baru Microsoft Edge.

Nantinya, ketika pengguna Internet Explorer mengunjungi situs yang tidak kompatibel, sesi browsing secara otomatis akan dialihkan ke Microsoft Edge.

Saat ini, ada sekitar 1.156 situs yang tidak kompatibel dengan Internet Explorer, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, Microsoft Teams, ESPN, Yahoo Mail, dan banyak lagi.

Migrasi Data

Pengalihan akan dilakukan melalui Browser Helper Object (BHO) Internet Explorer yang bernama "IEtoEdge BHO".

Intinya, ketika pengguna browsing, BHO akan mengecek apakah suatu situs web tidak kompatibel dengan Internet Explorer. Jika iya, BHO akan otomatis membuka situs web yang dimaksud di Microsoft Edge. Akan muncul notifikasi "situs web ini tidak berfungsi di Internet Explorer."

Ketika memunculkan notifikasi, Microsoft Edge akan meminta pengguna mengalihkan pengaturan Internet Explorer, data, dan cookie ke Edge.

"Data browsing berikut akan diimpor: Favorit, Kata Sandi, Mesin Pencari, tab yang terbuka, History, pengaturan, cookie, dan Halaman Beranda," kata Microsoft.

Baca Selanjutnya: Hentikan Dukungan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Microsoft
  3. Aplikasi Smartphone
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini