Meyakinkan, BRIsat dikembangkan di Palo Alto pusat teknologi dunia!

Sabtu, 16 Juli 2016 08:00 Reporter : Indra Cahya
Meyakinkan, BRIsat dikembangkan di Palo Alto pusat teknologi dunia! BRIsat dikembangkan dari pusat teknologi dunia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai bank pertama yang mengirimkan satelit ke luar angkasa sebagai penunjang layanan infrastruktur perbankan, BRI tentu tidak main-main dalam menjalankan projek ini. Sejak 2014 silam, BRI sudah banyak menimbang-nimbang tentang bagaimana proses produksi dan proses satelit ini menuju orbit.

Tak tanggung-tanggung, kontrak proyek satelit BRIsat ini ditandatangani dengan menggandeng perusahaan manufaktur satelit SS/L (System Space/Loral), yang juga akan jadi sarana pelatihan bagi mereka yang akan akan mengoperasikan BRIsat, baik pelatihan maupun magang.

Menariknya, SS/L adalah salah satu perusahaan terbesar yang ada di Palo Alto, California, Amerika Serikat, yang notabene adalah salah satu pusat teknologi dunia. Palo Alto, rumah dari SS/L yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur kendaraan luar angkasa, dengan 80 buah GEO-satelit buatan mereka yang kini sedang mengorbit di angkasa,berbatasan langsung dengan daerah yang merupakan pusat teknologi dunia lain, seperti Silicon Valley dan Mountain View.

Palo Alto juga merupakan rumah dari salah satu Universitas terbesar di Amerika Serikat dan salah satu yang paling prestisius di dunia, yakni Stanford University. Di masa pasca Perang Dunia II, Stanford University mendukung adanya program entrepreneurial bagi para mahasiswa dan lulusannya untuk membangun industri lokal dengan pembiayaan sendiri, yang akhirnya kini berkembang menjadi daerah yang jadi pusat teknologi dunia, Silicon Valley.

Lulusan dari Stanford pun berhasil jadi penggagas raksasa teknologi dan sosial media di dunia, seperti Google, Hewlett-Packard, Sun Microsystems, Instagram, Snapchat, dan Yahoo! Di Amerika Serikat, Palo Alto adalah kota yang masyarakatnya paling berpendidikan tinggi, menurut sensus 2010 Amerika Serikat.

BRI pun tak salah untuk menjatuhkan pilihannya ke SS/L yang merupakan salah satu yang terbaik di bidangnya. SS/L mendesain dan membangun satelit bagi berbagai keperluan pemerintahan serta konsumen komersil. Produk yang mereka hasilkan antara lain high-powered direct-to-home broadcast satellite, satelit cuaca komersil, satelit radio audio digital, satelit observasi Bumi, dan spot-beam satellites yang biasa digunakan untuk data networking.

Markas SSL di Palo Alto, California 2016 Merdeka.com

SS/L juga meluncurkan berbagai inovasi dalam dunia satelit, seperti mengawali penggunaan sistem tenaga penggerak listrik, sistem satelit dengan tenaga penggerak lithium-ion, dan penggunaan komposit canggih untuk satelit komersil yang dapat meningkatkan kekuatan, ukuran, serta lama satelit dalam mengorbit. SS/L juga mengembangkan teknologi layanan yang berupa sistem 'super power' untuk mengoneksikan langsung antara satelit ke pengguna, yang tentu dapat meningkatkan cakupan serta kapasitas.

Kunjungan Dirut BRI, Menteri BUMN, dan personil proyek BRIsat 2016 Merdeka.com

Dengan terasahnya para personil BRI yang keseluruhan merupakan anak bangsa melalui program training dan magang di pusatnya teknologi dunia di Palo Alto selama setahun, tentu proyek ini adalah proyek yang meyakinkan. Terlebih lagi, BRIsat adalah pionir dari satelit yang diluncurkan oleh bank. Sebagai anak bangsa, tentunya kita patut berbangga hati akan prestasi ini. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini