Menkominfo: Unicorn Mampu Menyelesaikan Persoalan Masyarakat

Rabu, 27 Februari 2019 09:06 Reporter : Fauzan Jamaludin
Menkominfo: Unicorn Mampu Menyelesaikan Persoalan Masyarakat Menkominfo Rudiantara. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menanggapi keresahan sebagian masyarakat tentang investasi Unicorn di Indonesia. Dijelaskannya, tujuan investasi Unicorn atau perusahaan rintisan digital yang bervaluasi lebih dari USD 1 miliar adalah untuk masyarakat Indonesia.

"Jadi kalau ditanyakan Unicorn untuk siapa maka yang jelas adalah untuk masyarakat kita. Baik itu yang memudahkan aktivitas sehari-hari, menciptakan lapangan pekerjaan serta memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema Investasi Unicorn untuk Siapa? di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Kemarin, (26/02).

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Chief RA ini mengatakan kehadiran Unicorn justru menjadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial.

"Karena mereka mampu menyelesaikan permasalahan di Indonesia, menyelesaikan permasalahan masyarakat. Contoh Gojek, kenapa tidak ditutup? Karena mempermudah transportasi di Indonesia. Atau, apa mau Traveloka ditutup? Kan tidak," kata dia.

Menteri Rudiantara mencontohkan, salah satu Unicorn di Indonesia yaitu Traveloka yang memudahkan masyarakat untuk memesan tiket pesawat, kamar hotel atau lain sebagainya hanya dengan aplikasi di gadget.

Di sisi lain, dia menjelaskan bahwa pertumbuhan startup digital dan Unicorn di Indonesia sangat cepat, karena sejalan dengan perkembangan teknologi yang juga sangat cepat. Meskipun demikian, aplikasi teknologi yang dikembangkan bukanlah layaknya dewa, maka yang paling penting untuk dikembangkan adalah pola pikir.

"Karena itu kita harus dorong Startup Indonesia, dari sini akan tumbuh pemikiran baru, kalau Startup sudah divaluasi secara bisnis, barulah kita bicara Unicorn," ucapnya.

Seperti yang diketahui, saat ini, Indonesia memiliki empat Unicorn yakni Gojek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia. Sementara Startup digital terus bertambah setiap saat.

Dalam waktu dekat, Menteri Rudi berharap salah satu diantara Unicorn yang ada harus menjadi Decacorn. Jika hal ini terjadi, pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di era digital ini berkembang sangat baik. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Unicorn
  2. Menkominfo
  3. Rudiantara
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini