Menkominfo tanggapi hadirnya Netflix di Indonesia

Kamis, 7 Januari 2016 18:36 Reporter : Fauzan Jamaludin
Menkominfo tanggapi hadirnya Netflix di Indonesia Netflix. © Digitaltrends.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyatakan tak ingin menyikapi lebih jauh soal kehadiran Netflix di Indonesia. Yang jelas, kata dia, kehadiran Netflix harus memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Teknologi itu selalu mendobrak kemapanan, sekarang bagaimana kita deal dengan teknologi yang seperti netflix ini kita harus lihat kemaslahatannya bagi masyarakat Indonesia lebih banyak atau nggak. Jika memang memiliki kemaslahatan bagi masyarakat, maka jangan sampai yang namanya aturan menghalangi kemajuan atau manfaat bagi masyarakat tapi juga jangan for the sake of masyarakat, teknologi juga jadi dilarang," katanya ketika ditemui seusai acara diskusi di markas ICT Watch, Jakarta, Kamis (7/1).

Dia juga mengatakan, stakeholders untuk hal ini bukan hanya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saja, melainkan ada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), penyelenggara internet, data center, dan lain sebagainya.

"Sebetulnya stakeholder-nya bukan hanya Kemkominfo, stakeholder-nya banyak ada penyelenggara internet, data center. Ini implikasinya banyak. Kita lihat manfaatnya seandainya banyak, kalau memang harus diubah regulasinya ya, diubah. Tapi juga jangan terburu-buru. Ini misalnya ya, kalau itu kita terima, kita juga harus memperhatikan yang lain, jangan ini masuk terus industri yang lain mati semua. Makanya dilihat manfaatnya baik sisi ekonomi dan sosial," terangnya.

Netflix merupakan salah satu perusahaan internet streaming terbesar di dunia yang baru saja memberikan lompatan besar untuk menjangkau seluruh dunia. CEO Netflix, Read Hasting, baru membuat pengumuman di CES 2016 bahwa Netflix akan tersedia di 130 negara tambahan mulai hari ini (7/1), termasuk di Indonesia. Selain Indonesia, banyak negara berkembang lainnya yang juga bisa mendapatkan layanan dari Netflix, misalnya India, Singapura, Korea Selatan.

Bagi Anda yang ingin merasakan Netflix, Anda bisa langsung membuka situs Netflix dan memilih paket yang telah disediakan. Di situs tersebut, Anda bisa membuka tab Pick your Price untuk memilih salah satu dari 3 paket, yaitu paket Basic dengan biaya Rp 109 ribu per bulan, paket Standard Rp 139 ribu, atau paket Premium Rp 169 ribu. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini