Menkominfo soal TKDN TIK: Pemerintah Serius Soal Ini!

Senin, 27 Juni 2022 09:16 Reporter : Merdeka
Menkominfo soal TKDN TIK: Pemerintah Serius Soal Ini! Menkominfo Johnny G. Plate. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan komponen lokal atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

"Pemerintah menekankan betul-betul untuk menaruh komponen Indonesia. Setidaknya dengan adanya komponen Indonesia ini akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak," ungkap dia dalam keterangannya, Senin (27/6).

Menkominfo menyatakan Pemerintah mendukung penuh kebijakan manajemen suatu perusahaan yang menyerap tenaga kerja Indonesia.

"Pemanfaatan dan penggunaan talenta lokal menjadi perhatian serius bagi Pemerintah dan saya lihat tadi di sini transfer knowledge itu bukan sekedar teori, namun turut dipraktikkan secara langsung. Saya kira menjadi bagian dari keadilan dunia, jangan sampai kita dieksploitasi, tetapi kita mendapat benefit yang perlu kita dukung sebagai suatu langkah maju," jelasnya.

Sejalan dengan peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri serta Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi, dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, menurut Menteri Johnny, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022.

"Direktif Bapak Presiden Joko Widodo dalam inpres itu, Pemerintah berpihak kepada produk di dalam negeri dan ini kegiatan afirmatif, didorong, didukung untuk kita laksanakan. Pemerintah setiap tahun mengalokasikan Rp1.400 trilliun belanjanya, Rp1.000 trilliun untuk pemerintah sendiri sedangkan untuk BUMN-nya sebesar Rp 400 trilliun yang bisa digunakan terhadap belanja sektor-sektor di dalam negeri," tuturnya.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini