KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menkominfo minta operator bantu sebar info soal virus WannaCry

Selasa, 16 Mei 2017 14:11 Reporter : Fauzan Jamaludin
Menkominfo saat acara Forum Teknologi Indonesia. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan pihaknya gerak cepat memberikan informasi kepada masyarakat terkait malware Wannacry. Malware tersebut pada Jumat (12/5) lalu, berhasil menyusup ke sistem antrean RS Dharmais. Imbasnya, sistem tersebut kacau.

Kata dia, mengingat bahayanya virus ini pemerintah pun meminta tolong bantuan operator selular untuk mem-blast informasi melalui SMS seputar WannaCry.

"Malam senin kemarin saya sangat minta tolong ke Dirut operator selular untuk sms blast mengenai WannaCry," ungkap pria yang akrab disapa Chief RA saat acara Forum Teknologi Indonesia di Jakarta, Selasa (16/5).

Kata dia, meskipun informasi telah menyebar ke berbagai media, masih ada anggapan malware WannaCry yang menyerang RS Dharmais ini sekadar hoax. Namun, setelah informasi itu disebar melalui SMS, masyarakat pun memercayai kabar itu.

"SMS blast itu punya pengaruhnya juga karena meyakinkan masyarakat. Maklumlah, banyak hoax ntar dikira gak benar," kata dia.

Meski begitu, katanya, dibandingkan Inggris, Indonesia bukan negara yang diserang paling parah. Di Indonesia, diketahui hanya RS Dharmais saja yang menjadi korban. Kejadian ini, membuatnya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menggunakan software asli.

"Yang pakai bajakan ini dampaknya. Ini windows yang kena kan. Linux dan Mac gak kena," ujar dia.

Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut. WannaCry meminta dana tebusan agar file yang 'dibajak' dengan proteksi enkripsi bisa dikembalikan dan diakses lagi. Dana tebusan yang diminta berupa dana bitcoin yang jika dikurskan setara Rp 4 juta. Uang tebusan ini akan makin tinggi jika tebusan tak segera dibayar. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Wannacrypt
  2. Virus Komputer
  3. Menkominfo

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.