Menkominfo: Kami Blokir Aplikasi Muslim Pro Kalau Tak Respons Surat

Jumat, 20 November 2020 13:30 Reporter : Merdeka
Menkominfo: Kami Blokir Aplikasi Muslim Pro Kalau Tak Respons Surat Aplikasi Muslim Pro. ©2013 Play.google.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pihaknya sedang melakukan proses investigasi terkait dengan dugaan penyalahgunaan data pribadi pengguna Muslim Pro. Sejauh ini, pemerintah telah berkirim surat kepada pengelola untuk meminta klarifikasi.

"Jika mereka tidak merespon, kami akan lakukan pemblokiran," kata Johnny kepada Merdeka.com melalui pesan singkat, Jumat (20/11).

"Paling tidak, jika pihak Muslim Pro tidak membalas dalam 3X24 jam, maka Kemkominfo akan melakukan pemutusan akses (blokir) untuk mencegah potensi insiden yang lebih besar," tambahnya.

Perlu diketahui, Muslim Pro adalah aplikasi buat umat Islam yg berisi kitab Al Quran dan azan untuk sholat dan penunjuk arah kiblat.

Kemkominfo, kata Johnny, mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan kebocoran data pribadi dengan membatasi penyebaran data pribadi sesuai dengan keperluannya; menggunakan kata sandi (password) yang tidak mudah ditebak pada akun (account) yang dimiliki serta menggantinya secara berkala; menggunakan autentikasi multifaktor (multif-factor authentication) pada akun (account)yang digunakan dan menyimpan kode cadangan-nya (back-up code) dengan baik; memahami kebijakan privasi (privacy policy) dan dokumen syarat dan ketentuan (terms and conditions) dari platform; dan selalu menghormati data pribadi milik orang lain sebagai bagian dari budaya keamanan siber dan perlindungan data pribadi yang harus terus ditingkatkan.

Baca Selanjutnya: Bantahan Muslim Pro...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Aplikasi Smartphone
  3. Menkominfo
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini