Menkominfo: Gak ada urusan, Google harus bayar pajak!

Kamis, 10 November 2016 14:31 Reporter : Fauzan Jamaludin
Menkominfo. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, terus membujuk Google untuk segera membayarkan pajak di Indonesia. Sejauh ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) hanya sebagai fasilitator antara pemerintah dengan pihak Google.

"Untuk berapa bayarnya, itu urusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Saya gak punya kewenangan soal itu," kata pria yang akrab disapa Chief RA ini saat diskusi mengenai e-commerce di kantor Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jakarta, Kamis (10/11).

Dikatakannya, Google telah mendapatkan untung dari pasar periklanan digital di Indonesia. Berdasarkan data yang pernah dirinya kemukakan, perputaran uang iklan digital dari Indonesia itu bernilai sebesar USD 800 juta atau setara dengan Rp 10,6 triliun pada tahun lalu. Maka dari itu, mau tidak mau perusahaan besutan Sergey Brin dan Larry Page itu harus menunaikan kewajibannya membayar pajak.

"Saya gak ada urusan dengan Google, Google harus bayar pajak. Kenapa? Kita harus menerapkan kesetaraan atau level playing field yang sama. Masa pemain Over The Top (OTT) lain bayar pajak, Google tidak," ujarnya.

Dalam acara itu, calon wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga nampak hadir. Senada dengan Menkominfo, Sandiaga juga menyindir keberadaan Google yang enggan membayar pajak di Indonesia. Sementara, mereka telah mendapatkan keuntungan dari pasar negeri ini.

"Google juga haruslah bayar pajak di Indonesia. Ini biar fair dengan yang lain dong," ungkapnya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Menkominfo
  2. Kasus Pajak Google
  3. Google
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini