Menkominfo: Frekuensi 5G Tidak Hanya 2,3 GHz

Selasa, 4 Mei 2021 13:05 Reporter : Fauzan Jamaludin
Menkominfo: Frekuensi 5G Tidak Hanya 2,3 GHz Menkominfo Johnny G. Plate. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate meluruskan tentang biding atau lelang 2,3 GHz spektrum pita frekuensi karena bukan hanya ditujukan pada deployment 5G. Sebelumnya, frekuensi ini disebut-sebut untuk kepentingan 5G.

"Jangan sampai salah, nanti dunia dan para ahli mentertawakan Indonesia seolah-olah 2,3 GHz atau 2300 MHz ini hanya untuk 5G. Mohon maaf, nanti dunia mentertawakan kita karena kekhilafan dan kekeliruan komunikasi karena spektrum frekuensi utama untuk 5G tidak saja di 2,3 Ghz, tetapi di sisi yang lainnya pun. Jadi, semua level mencakup lower band, coverage band, dan high band, serta ultrahigh band. Ini harus jelas," jelasnya.

Menkominfo menyatakan saat ini pasti dan akan terus melakukan farming dan refarming frekuensi spektrum untuk menjaga agar tersedianya pita yang memadai untuk deployment 5G.

"Kita boleh bangun infrastruktur, betapapun juga kalau tidak tersedia spektrumnya enggak bisa itu 5G dilakukan. Saya mohon maaf dan saya harus luruskan, saya tidak tahu mulainya dari mana ini sampai 2,3 GHz ini diidentifikasi sebagai 5G," ujarnya.

Namun demikian, Menteri Johnny menegaskan kementeriannya melakukan lelang 2,3 MHz ini untuk memastikan tersedianya atau memenuhi kebutuhan spektrum frekuensi telekomunikasi, khususnya melengkapi kebutuhan 4G dan mengawali initial showcase untuk 5G.

"Jangan sampai salah dan jangan dipenggal-penggal, dipotong-potong ini. Untuk itu, karena kita membutuhkan spektrum yang sangat banyak, kepada saya disampaikan saat ini kita menggunakan 737 MHz spektrum frekuensi untuk kebutuhan telekomunikasi nasional," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Kebutuhan Deployment 5G...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Menkominfo
  3. 5G
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini