Mengintip masa depan operating system

Senin, 8 April 2013 21:22 Reporter : Alvin Nouval
operating system. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Munculnya prediksi data penjualan perangkat elektronik hingga empat tahun ke depan menimbulkan berbagai spekulasi. Termasuk siapa yang akan menjadi raja industri mobile pada 2017 mendatang?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, diketahui bahwa angka penjualan PC akan menurun secara perlahan hingga empat tahun ke depan. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran selera pengguna ke perangkat yang lebih mobile.

Adanya pergeseran pengguna ke perangkat mobile ini pun menimbulkan pertanyaan baru. Kira-kira, bagaimana nasib OS pendukung PC di masa mendatang?

Berbekal data dari Gartner, ZDNet (8/4) pun melakukan penghitungan. Hasilnya, diketahui bagaimana nasib dari Windows, Android, iOS dan MacOS, hingga OS lainnya macam BlackBerry 10.

Uniknya, prakiraan perkembangan OS ini nampaknya tidak akan terpengaruh oleh suramnya masa depan PC. Seperti yang terlihat dari data di atas, terlihat bahwa tiga pemain besar dari Microsoft, Google, dan Apple tetap mampu memperoleh masa depan yang cerah hingga empat tahun ke depan.

Sementara itu, 2017 nampaknya malah akan menjadi tahun kiamat bagi operating system kecil lainnya macam BlackBerry 10. Hal ini terlihat dari pergerakannya yang diprediksikan akan menurun hingga empat tahun ke depan.

Para analis menyatakan bahwa hal ini sendiri disebabkan karena konsistennya para pemain besar di daerahnya masing-masing. Sehingga, meskipun ada pergeseran penggunaan perangkat elektronik hingga empat tahun ke depan, OS buatan mereka masih akan mendapatkan tempat.

Seperti Apple misalnya, mereka dinilai akan tetap bertahan karena konsisten membidik pasar kelas atas. Sementara itu, Google dan Microsoft akan secara konsisten berbagi di pasar berkembang.

Hal inilah yang dinilai akan membunuh produsen lainnya macam BlackBerry. Mereka dinilai tidak akan mendapat kesempatan dan akan tersingkir secara perlahan. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Operating System
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini