Mengejutkan, ini 6 negara maju yang ternyata gampang dihack!

Rabu, 8 Juni 2016 19:32 Reporter : Bramy Biantoro
Mengejutkan, ini 6 negara maju yang ternyata gampang dihack! Hacker. ©2013 Various

Merdeka.com - Semakin maju sebuah negara, tentu semakin tinggi tingkat kewaspadaan sekaligus teknologinya untuk menghadapi serangan hacker. Akan tetapi, hasil penelitian lembaga keamanan siber, Rapid7, ada negara-negara maju yang warganya paling rentan jadi korban serangan harcker.

Menurut Rapid7, banyak negara-negara Barat yang mengutamakan kompetisi dan bisnis ketimbang keamanan data mereka. Hasilnya, negara-negara yang jadi pilar utama ekonomi dunia ini menjadi target utama peretas.

Data Rapid7 menunjukkan bila Belgia menjadi negara yang paling terekspose kerentanannya di dunia maya. Nyaris satu per tiga sistem komputer dan perangkat di Belgia rentan diretas. Hal ini cukup ironis mengingat negara ini termasuk sangat maju internet dan ekonominya.

Berikut adalah daftar negara maju yang paling rentan diretas di dunia.

  1. Belgia
  2. Australia
  3. China
  4. Hong Kong
  5. Prancis
  6. Amerika Serikat

Rapid7 mengatakan bila tingginya kerentanan akan aksi peretasan terjadi akibat penggunaan jaringan internet kuno, terutama dari era Perang Dingin atau tahun 1980an. Penggunaan jaringan internet yang umurnya di atas 10 tahun memang diklaim tidak terlalu aman oleh Rapid7. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hacker
  3. Peretas
  4. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini