Meitu, aplikasi foto bisa edit seperti lukisan

Kamis, 21 Desember 2017 11:04 Reporter : Fauzan Jamaludin
Meitu, aplikasi foto bisa edit seperti lukisan Hasil foto menggunakan aplikasi Meitu. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini tengah menjadi tren di industri teknologi. Berbagai aplikasi pun kerap menggunakan teknologi ini. Misalnya saja aplikasi Meitu. Meitu merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto. Sistem kecerdasan buatan pada aplikasi ini adalah sistem yang bisa melukis.

Sederhananya, kecerdasan buatannya itu mampu mengedit dan mengonstruksi foto layaknya lukisan. Menariknya, untuk melakukan hal itu artbot ciptaannya itu tak butuh waktu lama. Hanya 5 detik. Hasilnya pun cukup tak mengecewakan. Sistem artbot-nya ini diberi nama Andy.

Berdasarkan keterangan persnya, dalam mengonstruksi foto menjadi lukisan, Andy betul-betul jeli. Secara teknis, dibuat begitu manusiawi sehingga mampu mengenali manusia dalam foto dan membedakannya dari latar belakang. Setelah itu, mengubahnya menjadi lukisan yang baru.

Teknologi yang dilakukan Meitu ini disebut-sebut sebagai lompatan kecerdasan buatan. Terutama untuk industri seni. Namun yang perlu digaris bawahi adalah kecerdasan buatannya ini, tentu saja tak bisa menyamai lukisan-lukisan yang diciptakan oleh seniman. Setidaknya, ini merupakan terobosan teknologi.

Kami pun mencoba klaim dari aplikasi Meitu itu. Untuk membuat seperti lukisan, pengguna tinggal memilih fitur “Tech Magic”. Setelah itu, melakukan swafoto ataupun mengambil foto yang ada di album. Lalu, pilih efek. Saat ini, Meitu baru memiliki 4 efek. Jika sudah memilih dari keempat efek itu, tinggal disave. Namun sebelumnya pengguna harus melakukan log in dulu atau jika belum memiliki account, harus didaftar terlebih dahulu. Agar bisa menyimpan foto yang telah diedit.

Bagaimana hasilnya? Untuk tahap awal, kami merasa tak mengecewakan. Hanya saja, perlu ada sentuhan editan yang lebih sesuai dengan foto asli. Barangkali, fitur lukisan ini lebih cocok digunakan untuk perempuan daripada laki-laki. Terlepas itu, aplikasi ini patut dicoba untuk sekadar seru-seruan.

Berikut adalah hasil tes dari aplikasi Meitu:

Hasil foto menggunakan aplikasi Meitu ©2017 Merdeka.com

Hasil foto menggunakan aplikasi Meitu ©2017 Merdeka.com [idc]
Topik berita Terkait:
  1. Aplikasi Mobile
  2. Smartphone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini