Matahari juga diserang tornado raksasa

Kamis, 13 Juni 2013 08:32 Reporter : Dwi Zain Musofa
Matahari juga diserang tornado raksasa Tornado matahari. ©Softpedia.com

Merdeka.com - Musim tornado ternyata tidak hanya menyerang negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat. Pusat tata surya kita, matahari, ternyata tidak luput dari fenomena alam tersebut.

Dilansir Softpedia (11/6), sebuah video yang menayangkan sebuah tornado plasma raksasa sedang 'menari' di permukaan matahari. Video berdurasi sekitar satu menit ini diunggah oleh space di situs Youtube.

Berdasarkan lansiran tersebut, tornado raksasa dalam video tersebut terlihat berputar kencang di dalam medan magnetik matahari yang sangat kuat. Tornado ini diprediksi dapat menelan satu buah planet atau setidaknya benda seukuran bulan secara utuh ke dalam pusarannya.

Video ini sendiri merupakan rekaman kamera Solar Dynamics Observatory dari Nasa yang merekam kegiatan di permukaan matahari selama 38 jam dalam periode awal bulan Juni.

Pada periode awal Juni ini memang dilaporkan jika matahari sedang dalam puncak dari siklus 11 tahunannya. Diprediksi jika dalam beberapa hari ke depan masih akan banyak tornado raksasa lagi yang akan muncul.

[dzm]

Topik berita Terkait:
  1. Badai Matahari
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini