Masyarakat Kini Mulai Mewasapadai Kejahatan Siber

Kamis, 7 Februari 2019 13:46 Reporter : Fauzan Jamaludin
Masyarakat Kini Mulai Mewasapadai Kejahatan Siber Ilustrasi Hacker. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab Asia Pasifik untuk Indonesia mengatakan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai waspada terhadap malware yang kerap menghantui akhir-akhir ini. Apalagi era digital seperti sekarang ini, kejahatan siber tak bisa dihindari.

"Kalau saya lihat sekarang ini, trendnya itu mereka sudah lebih aware dengan hal-hal ini. Berdasarkan catatan kami, masyarakat kini sudah mulai mencari tahu tentang pengamanan terhadap malware. Selain itu juga, kontribusi media massa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat juga sudah sangat membantu," kata dia ketika ditemui di Jakarta, Kamis (7/2).

Lebih lanjut dikatakannya, perkembangan masyarakat memahami bahaya malware pun berimbas terhadap bagaimana mengamankan sistem data pribadinya. Masyarakat kini sudah mulai paham pentingnya data pribadi.

"Hal yang sederhana itu, masyarakat sekarang sudah selalu memback up data pribadinya. Itu sudah bagus," terangnya.

Hanya saja, kata dia, masih ada sebagian masyarakat belum menganggap data pribadi itu penting. Bahkan bisa dicuri.

"Kalau kita bicara konsumer, mereka sudah konsen soal itu. Orang sekarang sudah selalu memback up datanya. Tapi masih ada orang yang masa bodoh dan ada juga end user yang beranggapan, masa iya sih dicolong datanya. Ini menurut saya, pengetahuan soal pentingnya data pribadi belum diketahui saja. Tapi lama kelamaan, masyarakat juga akan paham," katanya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Aksi Hacker
  2. Peretas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini