KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Map of Batik, aplikasi anak Negeri tunjukkan evolusi batik Indonesia

Sabtu, 3 Oktober 2015 14:04 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Map of batik. © play.google.com

Merdeka.com - Dalam rangka memperingati 'Hari batik Nasional' yang kemarin dirayakan, Bandung Fe Institute bersama Sobat Budaya meluncurkan aplikasi peta batik Indonesia, dengan nama Map of Batik. Lalu, apa fungsi aplikasi ini?

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki warisan budaya batik yang sangat beragam. Tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, namun batik juga berkembang di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Hampir semua daerah memiliki corak batik yang khas.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan melalui situs budaya-indonesia.org, terdapat setidaknya 5.849 motif batik yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua. Sangat banyak bukan?

Oleh karena itu, Bandung Fe Institute sebagai lembaga penelitian kompleksitas sosial di Indonesia, berinisiatif melakukan pemetaan keragaman batik di Indonesia. Proses pemetaan dilakukan dengan menggabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna, dan kajian biologi evolusioner.

Aplikasi Map of Batik ini memiliki beberapa fungsi, yaitu menjadi metode untuk melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia dan bisa menjadi alat bantu dalam mengidentifikasi motif batik yang tidak diketahui asal usulnya. Tidak hanya itu, peta ini juga berfungsi sebagai adukasi.

Masyarakat juga dapat menggunakannya untuk melihat deskripsi detail dari sebuah motif batik dan pola kekerabatannya dengan motif batik yang lain. Jika Anda penasaran dengan aplikasi asli Indonesia ini, Anda bisa mengunduhnya gratis untuk pengguna Android dan iOS di Play Store dan App Store. [lar]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.