KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Malware iOS kembali ditemukan, hantui semua pengguna iOS

Rabu, 7 Oktober 2015 02:06 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Malware. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Malware iOS baru-baru ini ditemukan di China dengan nama XcodeGhost. Malware yang menginfeksi lewat developer tool iOS ilegal ini membuat berbagai aplikasi terkena virus. Ternyata, tidak hanya XcodeGhost, malware kembali ditemukan dengan nama YiSpecter yang menargetkan perangkat iOS di China dan Taiwan.

Sebagian besar malware iOS datang ke perangkat yang telah di Jailbreak. Mengapa hal ini terjadi? Perangkat yang telah di jailbreak bisa dengan mudah download aplikasi yang bukan dari App Store. Perangkat ini juga bisa download lagu sesuka hati, sehingga bisa dikatakan tidak mungkin aman.

Tetapi, menurut laporan yang bsia dipercaya, malware YiSpecter tidak hanya mengincar iOS yang telah di jailbreak, namun juga non-jailbreak. Jika terinfeksi malware ini, YiSpecter bisa download aplikasi dengan sendirinya sekaligus mengganti aplikasi yang sudah ada.

Tidak hanya itu, YiSpecter juga mampu membajak Safari dan mengubah pengaturannya, menampilkan tampilan penuh iklan ketika meluncurkan aplikasi, dan masih banyak lagi. Sangat menakutkan bukan?

Menurut Palo Alto Network, malware YiSpectre sebenarnya ini sudah ada selama lebih dari 10 bulan. Pihak Apple dikabarkan menyadari hal ini dan beberapa telah melaporkannya. Mereka mengaku masih menyelidiki malware menyeramkan ini. [lar]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.