Mahasiswa harus percaya diri, mandiri dan kreatif di era-21 ini

Sabtu, 16 Agustus 2014 10:26 Reporter : Dwi Andi Susanto
Mahasiswa harus percaya diri, mandiri dan kreatif di era-21 ini Talkshow yang bertajuk 21 Century Learning. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Seperti kurang rasanya apabila di era yang hampir semuanya digital ini, sisi pendidikan tidak menyentuh atau menggunakan sarana teknologi yang ada.

Dalam sebuah talkshow yang bertajuk "21 Century Learning" dengan nara sumber Ketua Bidang Pengembangan Komunitas Klik Indonesia Bapak James F Tomasouw dan Wakil Rektor 1 UKRIDA Prof Dr Kris Herawan Timotius, membahas tentang pola pembelajaran abad 21 dan apa yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menghadapinya.

James mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi kerasnya persaingan abad 21 adalah harus mandiri dan kreatif serta memanfaatkan juga mengaplikasikan teknologi yang ada dalam pola pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam hal ini, James mencontohkan seperti terciptanya aplikasi mobile yang baru-baru ini populer yaitu Zohib Messenger. Aplikasi satu itu merupakan murni dikembangkan oleh mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam komunitas Klik Indonesia.

Oleh karenanya, berkaca pada penciptaan aplikasi tersebut atau juga inovasi dan terobosan-terobosan dalam bidang teknologi yang lain, maka diharapkan mahasiswa di Indonesia dapat lebih percaya diri menciptakan segala sesuatu tanpa harus bergantung pada produk buatan asing.

Sepakat dengan apa yang diungkapkan James, Prof Dr Kris yang juga salah satu pembicara dalam talkshow yang diadakan di Mal Puri Indah pada hari Kamis, 14 Agustus 2014, di acara UKRIDA Edufair 2014 itu, menyatakan bahwa selain harus percaya diri, mandiri dan kreatif, sebuah riset adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan di perguruan tinggi.

Hal itu disebabkan karena dengan riset, maka akan memunculkan satu hal baru yang dapat menjadi pembanding universitas satu dengan lainnya serta dapat sebagai alat khusus yang dapat membantu perguruan tinggi yang bersangkutan agar dapat bersaing di era teknologi maju ini. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Aplikasi Mobile
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini