Lucu atau seram? Galaksi ini tertangkap kamera sedang tersenyum

Selasa, 10 Februari 2015 13:04 Reporter : Bramy Biantoro
Lucu atau seram? Galaksi ini tertangkap kamera sedang tersenyum Galaksi tersenyum. © NASA/ESA

Merdeka.com - Luar angkasa beserta isinya memang kerap menghadirkan kejutan bagi umat manusia, dan yang terbaru adalah sekumpulan galaksi yang terlihat sedang tersenyum.

Teleskop luar angkasa Nasa, Hubble, telah menangkap pemandangan yang sangat fenomenal beberapa waktu lalu, yakni galaksi tersenyum yang mirip dengan emotikon 'smiley' yang kerap kita gunakan saat chatting.

Kumpulan galaksi tersenyum itu mempunyai nama resmi SDSS J1038+4849. Setidaknya ada dua galaksi besar yang membentuk mata dan satu lagi galaksi yang berperan sebagai hidung. Sementara beberapa galaksi lain yang lebih kecil nampak mengelilingi galaksi yang lebih besar.

"Anda bisa melihat dua mata oranye dan hidung putih dari kumpulan galaksi itu," kata perwakilan badan antariksa Eropa, ESA, Daily Mail (09/02).

Salah satu yang unik adalah senyum dari kumpulan galaksi itu. Pola senyuman itu disebut 'Einstein Ring' oleh para ilmuwan, dan terbentuk dari galaksi yang berbentuk melengkung. Einstein Ring juga lah yang membentuk lingkaran besar yang menunjukkan 'wajah'.

Kumpulan galaksi atau 'galaxy cluster' sendiri dikenal sebagai struktur 'bangunan' terbesar di alam semesta.

Menurut ilmuwan, kumpulan galaksi juga mempunyai gaya gravitasi super besar yang akhirnya membuat galaksi-galaksi lain disekitarnya tertarik melengkung dan memanjang hingga menjadi Einstein Ring. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Astronomi
  2. Penelitian
  3. NASA
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini