Libur Lebaran semakin menyenangkan dengan Google Maps

Kamis, 16 Agustus 2012 10:12 Reporter : Dwi Andi Susanto
Libur Lebaran semakin menyenangkan dengan Google Maps Google Maps (© 2012 Merdeka.com)

Merdeka.com - Ketika Lebaran tiba, dipastikan banyak orang yang akan pulang atau mudik ke kampung halaman mereka atau sekadar berkunjung ke kota lain untuk mengunjungi sanak saudara lainnya. Untuk membantu pemudik di jalan raya, Google Indonesia persembahkan beberapa tips dan peta digital yang dapat digunakan selama perjalanan.

Lebaran tidak hanya saja identik dengan rutinitas tahunan umat Islam saja, namun pada saat Lebaran, hampir dipastikan semua perkantoran, perkuliahan, sekolah dan instansi lainnya mendapatkan jatah libur Hari Raya. Pada saat itulah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik atau liburan ke daerah lain.

Seperti press release yang diterima merdeka.com, Google Indonesia menyarankan agar semua orang, baik pemudik atau yang ingin berlibur membuat suatu perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Tentunya, bagi yang tidak begitu hafal jalan raya atau ingin melihat arus kepadatan kendaraan, peta dan informasi digital sangat diperlukan. Oleh karenanya, Google Indonesia menawarkan beberapa tips dengan menggunakan layanan Google Maps yang dapat memandu pemudik atau orang yang ingin berlibur di perjalanan.

Cari tahu jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan Anda
Perencanaan yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan panjang salah satunya adalah mengetahui rute alternatif apabila dihadapkan pada suatu kemacetan. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari pemborosan bahan bakar kendaraan, resiko mogok dan menghemat waktu.

Untuk menghindari masalah utama di jalan raya seperti di atas, maka estimasi dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu jasa layanan Google yaitu Google Maps. Dengan peta digital online ini, penggunanya dapat mengetahui letak SPBU, rumah makan atau tempat peristirahatan terdekat.

Selain itu, rute alternatif juga mudah didapatkan dengan melihat tampilan peta tersebut. Google Maps selain membantu memberikan informasi tempat dan peta secara gratis, aplikasi Google ini juga dapat menunjukkan secara otomatis destinasi yang ingin Anda tempuh.

Seperti contohnya, ketika Anda ingin pergi ke kota A, dengan mengetikkan nama kota di mana Anda sekarang berada kemudian memilih destinasi yang ingin dituju, secara otomatis dalam peta akan muncul jalur tercepat yang dapat dilalui. Tidak hanya bergantung terhadap saran yang diberikan Google Maps saja, Anda juga dapat membuat alur peta sendiri dengan cara menarik garis peta ke atas atau ke bawah kemudian pilih save.

Cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan anda menggunakan Google Maps
Mengantuk dan lelah adalah salah satu musuh utama pengemudi yang melakukan perjalanan jauh. Oleh karenanya, untuk mengetahui tempat peristirahatan seperti restoran, SPBU atau tempat istirahat lainnya dapat diketahui dengan menggunakan Google Maps.

Caranya adalah dengan klik kanan pada rute perjalanan yang terdapat di Google Maps kemudian tekan "whats here", kemudian ketik tempat yang ingin Anda ketahui, contohnya SPBU. Setelah itu, aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan SPBU yang sejalan dengan rute yang Anda lalui.


Catat seluruh penemuan anda menggunakan My Places
Selama perjalanan, pasti banyak kejadian lucu dan unik menyertai, oleh karenanya tidak sedikit orang yang bepergian membawa serta kamera atau video recorder untuk merekam momen-momen tersebut. Tidak mau kalah dengan perangkat keras, Google Maps juga dapat digunakan sebagai perekam kejadian selama perjalanan.

Anda dapat menyimpan informasi tempat-tempat menarik mulai dari tempat wisata hingga restoran yang Anda temui dengan menggunakan Tempatku (My Places). Setelah menyimpannya, Anda dapat membagikan informasi tersebut ke rekan atau keluarga lainnya.


Tentunya Lebaran dan liburan akan semakin menyenangkan apabila semuanya terkondisikan dengan baik dan sesuai apa yang direncanakan. Oleh karenanya, rencanakan, atur, estimasi dan tetap menjaga keselamatan dalam berkendara adalah
kunci pokok agar perjalanan dapat menyenangkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H dan selamat berlibur. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Google
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini