Lewat YouTube Kids, Orangtua Bisa Kontrol Tontonan Anak

Kamis, 29 November 2018 10:17 Reporter : Fauzan Jamaludin
Lewat YouTube Kids, Orangtua Bisa Kontrol Tontonan Anak Logo YouTube. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada bulan September lalu, YouTube secara resmi meluncurkan YouTube Kids di Indonesia - sebuah aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan kebutuhan anak dan didesain khusus untuk menjadi aplikasi yang ramah keluarga. Hingga saat ini, YouTube Kids telah diluncurkan di lebih dari 38 negara, ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia, juga berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia.

Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia menyatakan prioritas utama dari YouTube adalah untuk memberikan akses bagi orang tua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur dan juga ramah keluarga.

"YouTube Kids memberikan orang tua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka lihat dan pelajari," katanya.

Dengan perpaduan antara karakter khusus, orientasi horizontal, dan kemudahan navigasi memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak dan keluarga, YouTube Kids diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak, khususnya di umur 2 - 10 tahun, untuk dapat mengeksplorasi rasa keingintahuan dan imajinasi mereka.

Di aplikasi YouTube Kids, orang tua memiliki lebih banyak kontrol dengan fitur-fitur seperti: timer; fitur built-in di dalam aplikasi yang dapat memungkinkan orang tua untuk membatasi waktu menonton anak-anak secara otomatis, penelusuran aktif/non-aktif; fitur yang dapat memberikan lebih banyak akses ke berbagai macam video sekaligus memberikan pengalaman menonton yang lebih terkontrol, serta parent approved mode; fitur yang dapat membantu orang tua memilih sendiri video / channel apa yang tersedia pada profil anak mereka.

Selain itu, orang tua dapat membuat hingga delapan profil berbeda dalam satu perangkatdimana orang tua dapat menentukan preferensi tontonan, rekomendasi video, dan setelan kata sandi pribadi untuk setiap anak mereka. YouTube Kids juga membiarkan anak-anak membuat kode sandi pribadi untuk masuk ke profil mereka walaupun orang tua selalu dapat mengganti passcode mereka untuk masuk ke aplikasi.

YouTube Kids mendekatkan keluarga dengan menciptakan cara yang mudah dan menyenangkan bagi mereka untuk menemukan hiburan dan belajar bersama dalam lingkungan menonton yang lebih aman. Konten hiburan keluarga dan pembelajaran adalah salah satu kategori konten yang paling cepat berkembang di YouTube.

Oleh karena itu, tab Pembelajaran (Learning) pada aplikasi YouTube Kids menyediakan akses bagi anak-anak dan keluarga ke lebih dari 1 miliar konten edukasi di YouTube setiap hari, seperti channel Kok Bisa dan channel Kastari Sentra yang pada hari ini juga menerima Gold Creator Award karena telah mencapai 1 juta subscriber. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Media Sosial
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini