Leo Tolstoy vs iPhone 6 berebut jadi terpopuler di Google Trends

Sabtu, 13 September 2014 20:00 Reporter : Bramy Biantoro
Leo Tolstoy vs iPhone 6 berebut jadi terpopuler di Google Trends Google. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Minggu ini mungkin memang minggu milik dari Apple dan smartphone canggih baru mereka iPhone 6. Saat peluncuran iPhone 6 beberapa hari yang lalu, baik laman pencarian Google hingga jejaring sosial menjadi tempat netizen untuk memamerkan atau berkeluh kesal tentang smartphone tersebut.

Selain fenomena iPhone 6, tentunya banyak topik-topik lain yang menjadi buruan netizen dalam satu minggu ini. Oleh sebab itu, merdeka.com mencoba merangkum berita-berita terpopuler yang yang menghiasi laman Google Trends sejak tanggal 8 September hingga 12 September 2014.

Topik-topik menghebohkan seperti keluarnya Ahok dari Gerindra dan kemunculan kembali Norman Kamaru menjadi yang paling sering diketik oleh netizen di laman pencarian Google minggu ini.

Berikut seluruh berita-berita paling populer yang menjadi buruan netizen Indonesia yang tercatat di Google Trends minggu ini.

1 dari 5 halaman

Norman Kamaru

Norman Kamaru. ?2012 Merdeka.com

Masih ingatkah Anda dengan mantan anggota Brimob Gorontalo, Norman Kamaru, yang sempat populer berkat video 'caiya-caiya' di YouTube? Setelah memutuskan untuk berhenti dari Brimob, Norman memang kurang beruntung ketika menjajal peruntungannya sebagai artis pendatang baru.

Kini bersama sang istri mencoba mengembangkan usaha berdasarkan hobi mereka, yakni memasak. Meski tidak direncanakan sebelumnya, saat ini Norman sudah membuka sebuah usaha warung bubur di kawasan Kalibata City. Makanan utama yang ditawarkan di warung buburnya pun tak jauh-jauh dari tempat asal Norman, yakni bubur Manado.

Meski masih berharap tidak dipecat dari kesatuan Brimob Gorontalo, Norman sudah mantap mengandalkan bubur Manado, ayam hoku, dan ayam rica untuk menghidupi dirinya bersama sang istri dan anak-anaknya.

Topik Norman Kamaru yang beralih profesi menjadi penjual bubur ini masuk dalam daftar pencarian terpopuler Google Trends dan sudah diakses lebih dari 20.000 kali dalam minggu ini. [bbo]

Baca juga:
Norman Kamaru, dari artis kini jual bubur Manado
Jualan bubur bukan berarti Norman Kamaru bangkrut

Baca juga:
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus akhirnya resmi diperkenalkan
Spesifikasi iPhone 6 (1)
Spesifikasi iPhone 6 (2)

3 dari 5 halaman

Leo Tolstoy

Google Doodle. ? Google.com

Apabila Anda mengira iPhone 6 menjadi yang terpopuler di Google Trends minggu ini, Anda salah. Cukup mengejutkan memang, tetapi yang berhasil menjadi yang terpopuler adalah Leo Tolstoy. Siapa dia?

Leo Tolstoy, penulis dan guru spiritual asal Rusia yang terkenal lewat novel War and Peace (1869) dan Anna Karenina (1877) tersebut mendapat kesempatan untuk 'mejeng' di Google Doodle minggu ini. Ketidaktahuan netizen Indoensia terhadap sosok Leo Tolstoy membuat mereka melakukan pencaharian di Google hingga lebih dari 200.000 kali.

Kisah perjuangan dan karaya-karya dari Leo Tolstoy yang mungkin ingin dihidupkan kembali oleh Google lewat doodle unik di laman pencarian mereka. Selain itu, kemunculan Leo Tolstoy di Google Doodle juga menjadi tribut tersendiri atas ulang tahun ke 186 penulis yang karyanya telah menginspirasi dunia tersebut.

Baca juga:
Leo Tolstoy, novelis dan spiritualis hebat dunia ada di Google

4 dari 5 halaman

Ahok

Ahok di Balai Kota. ?2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Keputusan Koalisi Merah Putih untuk mendukung pemilihan kepala daerah oleh DPRD menjadi alasan kuat bagi Basuki Tjahaja Purnama yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI untuk keluar dari Gerindra.

Rabu lalu (10/09), sosok kontroversial yang kerap disapa Ahok tersebut menyatakan sudah membuat surat pengunduran diri dan sudah dikirim ke DPP Gerindra hari itu. Setelah keluar dari Gerindra pun Ahok menyatakan tidak akan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan tetap bertahan tanpa parpol pengusung hingga akhir masa jabatannya di DKI.

Keputusan mengejutkan dari Ahok untuk keluar dari Gerindra turut menjadi topik favorit netizen minggu ini. Sekitar 200.00 lebih pencarian di laman Google dialamatkan pada politisi yang dikenal vokal dan tegas tersebut.

Baca juga:
Ingin pamit, Ahok akan temui Prabowo
Ahok keluar dari Gerindra, ini kata Ridwan Kamil
Keluar dari Gerindra, Ahok tak takut hadapi DPRD

5 dari 5 halaman

Gunung Slamet

gunung slamet meletus. ?Relawan PMI/Fariz Azki Maulana

Letusan dan aliran lava pijar yang terus keluar dari Gunung Slamet minggu ini cukup menarik minat netizen Indonesia mencari tahu tentang situasi terkini dari gunung yang berada di provinsi Jawa Tengah tersebut.

Tak sedikit yang masyarakat yang percaya tentang mitos terbelahnya pulau Jawa apabila Gunung Slamet meletus dahsyat. Mengingat tahun 1883 silam letusan Gunung Slamet pernah melahirkan bencana tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Aktivitas vulkanik Gunung Slamet saat ini sudah mengkhawatirkan lima kabupaten yang berada di sekitarnya, seperti Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal. Bahkan, letusan-letusan terakhir sudah mengarah ke kabupaten Brebes dan Tegal.

Akibat aktivitas vulkanik yang intens, Gunung Slamet berhasil menjadi pemuncak Google Trends selama dua hari berturut-turut, yakni tanggal 10 dan 11 September 2014. Kata 'Gunung Slamet' telah dipakai hingga 50.000 kali di hari Rabu dan Kamis untuk mencari informasi letusan gunung yang terletak persis di tengah pulau Jawa tersebut di laman pencarian Google.

Baca juga:
Gunung Slamet, ramalan Jayabaya & mitos pulau Jawa terbelah dua
Aktivitas vulkanik di Gunung Slamet meningkat,evakuasi disiapkan
Melihat dahsyatnya lava pijar Gunung Slamet dari Tegal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini